PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TIGA TINGKAT DAN ALTERNATIF REMEDIAL PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SMA (STUDI PADA MATERI STRUKTUR ATOM)

Asmalinda, Asmalinda (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK TIGA TINGKAT DAN ALTERNATIF REMEDIAL PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SMA (STUDI PADA MATERI STRUKTUR ATOM). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
artikel asmalinda.pdf

Download (896kB) | Preview

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Depelovment) yang bertujuan untuk mengembangan Instrumen Tes Diagnostik pada Materi Struktur Atom. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 22 Makassar sebanyak 34 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Prosedur pengembangan instrument yang digunakan mengadopsi model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap 1) Analisis (analysis) yakni terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis kriteria peserta didik, 2) Perancangan(Design) yaitu penyusunan rancangan instrument teriri dari: kisi-kisi, soal, pedoman identifikasi jenis kesalahan, rubri penilaian, lembar penilaian, lembar respon pendidik dan lembar validasi, 3) Pengembangan (Development) yaitu tahap penyusunan instrument sesuai dengan draf perancangan, pada tahap ini pula dilakukan validasi oleh dua pakar/ahli di bidang kimia. 4) Penerapan(Implementation) yaitu tahap realisasi, instrument yang telah divalidasi dan sudah dinyatakan valid,reable dan objektif, maka layak diujicobakan kepada subjek penelitian, 5) Evaluasi (Evaluation) yaitu tahap dimana dilakukan evaluasi, masukan/saran yang masuk baik oleh pengamat/pendidik maupun dari pihak yang berwenang dijadikan masukan untuk revisi dan perbaikan instrument Tes Diagnostik Tiga Tahap yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesahihan diperoleh sebesar 1 atau V= 100% berarti bahwa hasil penilaian dari kedua validator memiliki ―relevansi kuat‖ dan berdasarkan hasil perhitungan dengan SPSS versi 23.0 juga menunjukkan bahwa instumen masuk kategori valid. Sedangan berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS diperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,872 (kategori reliable). Sedangkan Objektivitas ditentukan berdasarkan kesepakatan dua pakar menunjukkan hasil ―kategori objektif‖ .Pembelajaran remedial dapat dilakukan menggunakan metode Driil untuk soal yang bersifat perhitungan dan metode pembelajaran menggunakan media berupa video untuk soal bersifat teori. Kata Kunci : Tes Diagnostik Tiga Tingkat, Model ADDIE, Pembelajaran Remedial, Materi Struktur Atom.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 May 2019 00:30
Last Modified: 17 May 2019 00:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item View Item