Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Bima”

Hidayat, Arief (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Bima”. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ARIEF baeu.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain treatment by level 2x2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman dan yang diajar menggunakan pembelajaran langsung, (2) interakasi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik, (3) perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman dan yang diajar menggunakan pembelajaran langsung yang memiliki motivasi belajar tinggi, dan (4) perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman dan yang diajar menggunakan pembelajaran langsung yang memiliki motivasi belajar rendah,. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Bima. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar fisika anatara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman dan yang diajar menggunakan pembelajaran langsung, (2) tidak terdapat interakasi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik, (3) untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman dengan yang diajar menggunakan pembelajaran langsung, dan (4) untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman dengan yang diajar menggunakan pembelajaran langsung. Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Berbasis Pengalaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 May 2019 01:56
Last Modified: 14 May 2019 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13216

Actions (login required)

View Item View Item