Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divitions Berbantuan Media Mistar Geser Bilangan Bulat dan Media Video Mistar Geser Pada Kelas VII SMP Negeri 30 Makassar

Mutmainnah, Alfiah (2019) Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divitions Berbantuan Media Mistar Geser Bilangan Bulat dan Media Video Mistar Geser Pada Kelas VII SMP Negeri 30 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
artikel .pdf

Download (389kB) | Preview

Alfiah Mutmainnah Ali, 2018. . Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Bapak Dr. , M.Si dan Bapak Dr. Asdar, S.Pd. M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajara melalui penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media mistar geser dan Student Teams Achievement Divitions berbantuan media video mistar geser dalam Pembelajaran Matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 30 Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Double Random Sampling. Kelas VII.7 diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media mistar geser dan kelas VII.6 diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions.berbantuan media video mistar geser. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar siswa, dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Skor rara-rata hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media mistar geser yaitu 22,22% berada pada kategori sangat rendah, 22,22% berada pada kategori, 22,22% pada kategori sedang, 13,90% pada kategori tinggi dan 19,44% pada kategori sangat tinggi.(2) Skor rara-rata hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media video mistar yaitu 18,92% berada pada kategori sangat rendah, 24,32% pada kategori rendah, 40,54% pada kategori sedang, 13,52% pada kategori tinggi dan 2,70% pada kategori sangat tinggi. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media mistar geser di Kelas VII.7 dan tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media video mistar geser di Kelas VII.6 SMP Negeri 30 Makassar dengan materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat.(4)Pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media mistar geser lebih baik dari pada model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divitions berbantuan media video mistar geser dalam pembelajaran matematika pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di kelas VII SMPN 30 Makassar. Kata Kunci: Hasil belajar, pembelajaran matematika, model pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievement Divitions.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2019 09:06
Last Modified: 24 Apr 2019 09:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13116

Actions (login required)

View Item View Item