PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA SMA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (STUDI PADA MATERI TERMOKIMIA)

Lembang, Fransisca Rante (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA SMA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (STUDI PADA MATERI TERMOKIMIA). S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
F. ARTIKEL TESIS FRANSISCA RANTE LEMBANG.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development/R&D yang bertujuan: (1) untuk merancang perangkat pembelajaran kimia SMA berbasis masalah agar dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok Termokimia dan (2) untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran kimia yang mencakup kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang meliputi 4 tahap yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Development dan (4) Dissemination. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Hasil Belajar (THB). Kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari tiga aspek, yaitu (1) kevalidan perangkat pembelajaran didasarkan atas penilaian tim ahli, (2) kepraktisan didasarkan atas keterlaksanaan perangkat pembelajaran, kemampuan guru mengelolah pembelajaran, respon guru terhadap perangkat dan (3) keefektifan didasarkan atas aktivitas, respon dan tes hasil belajar berupa integrasi tes pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perangkat yang dikembangkan memenuhi kualitas produk, yakni: 1) kevalidan perangkat dengan rata-rata nilai 3,68 dalam kategori “sangat valid”, 2) kepraktisan meliputi: a) keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilai 1,77 dalam kategori “terlaksana seluruhnya”, b) kemampuan guru mengelolah pembelajaran dengan nilai 3,68 dalam kategori “baik”, c) Respon guru terhadap perangkat dengan nilai 3,75 dalam kategori “praktis dan tidak revisi “, dan 3) keefektifan meliputi: a) aktivitas peserta didik dengan nilai 91,1% memenuhi kriteria “sangat baik” b) respon peserta didik dengan nilai 80% memenuhi kriteria “sangat merespon”, c) tes pemahaman konsep dengan rata-rata nilai pretest 18,6% dalam kategori “sangat rendah” dan rata-rata nilai posttest 87,5% dalam kategori “tinggi” dan hasil N-gain 0,8 dalam kategori “tinggi”, serta d) tes kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata nilai pretest 18,3% dalam kategori “sangat rendah” dan posttest 77,9% dalam kategori “tinggi” dan hasil N-gain 0,73 dalam kategori “tinggi”. Kata kunci: PBM, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis, Termokimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Apr 2019 00:51
Last Modified: 12 Apr 2019 00:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13019

Actions (login required)

View Item View Item