Pengaruh Persespsi Siswa tentang Pelajaran Matematika, Perhatian Orang Tua, Kepribadian Siswa, dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang

HAMKA, HASNAINI (2018) Pengaruh Persespsi Siswa tentang Pelajaran Matematika, Perhatian Orang Tua, Kepribadian Siswa, dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HASNAINI HAMKA. 2018. Pengaruh Persespsi Siswa tentang Pelajaran Matematika, Perhatian Orang Tua, Kepribadian Siswa, dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Djadir). Hasil belajar matematika menjadi salah satu tolak ukur tinggi rendahnya kualitas suatu proses pembelajaran matematika. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika tersebut, namun penelitian ini kajiannya hanya pada persepsi siswa tentang pelajaran matematika, perhatian orang tua, kepribadian siswa, dan disposisi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang pelajaran matematika, perhatian orang tua, dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui disposisi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang tahun pelajaran 2017/ 2018. Anggota populasi penelitian sebanyak 313 siswa dengan ukuran sampel sebanyak 153 siswa. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan proportional stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Skala persepsi siswa tentang pelajaran matematika, (2) Skala perhatian orang tua, (3) Skala kepribadian siswa, (4) Skala disposisi matematis, dan (5) Tes hasil belajar matematika. Data dianalisi dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang memiliki persepsi tentang pelajaran matematika dan kepribadian yang berada pada kategori cukup, perhatian orang tua dan disposisi matematis berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil belajar matematika berada pada kategori sangat rendah. (2) Persepsi siswa tentang pelajaran matematika, perhatian orang tua, dan kepribadian siswa mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap disposisi matematis siswa. (3) Persepsi siswa tentang pelajaran matematika dan disposisi matematis mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika siswa sedangkan perhatian orang tua dan kepribadian siswa tidak mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika. (4) Persepsi siswa tentang peajaran matematika, perhatian orang tua, dan kepribadian siswa masing-masing mempunyai pengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika siswa melalui disposisi matematis siswa. Kata Kunci: Pengaruh, persepsi, perhatian, kepribadian, disposisi matematis, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 01:19
Last Modified: 10 Apr 2019 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12955

Actions (login required)

View Item View Item