Pengembangan Perangkat pembelajaran Praktikum Kimia Fisika Model Kooperatif Tipe STAD yang Berorientasi Pendidikan karakter

HASLINDA, HASLINDA (2014) Pengembangan Perangkat pembelajaran Praktikum Kimia Fisika Model Kooperatif Tipe STAD yang Berorientasi Pendidikan karakter. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I SAMPAI BAB III.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HASLINDA, 2014. Pengembangan Perangkat pembelajaran Praktikum Kimia Fisika Model Kooperatif Tipe STAD yang Berorientasi Pendidikan karakter (dengan Pembimbing Bapak Dr.H.Tabrani,M.Pd dan Ibu Dra.Hj. Ramdani,M.Si) Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) yang menggunakan model Dick & Carey. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran praktikum kimia fisika yang valid, praktis, dan efektif meliputi: RPP, Modul, LKS dan tes hasil belajar. Materi yang disajikan adalah hukum Archimedes dan hukum fluida. Uji coba perangkat dilakukan pada siswa kelas XID Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar. Hasil yang diperoleh pada uji coba perangkat pembelajaran praktikum kimia fisika model kooperatif tipe STAD yang berorientasi pendidikan karakter adalah seperangkat pembelajaran praktikum kimia fisika yang valid, praktis, dan efektif. Hasil Penelitian ini, menunjukkan bahwa model kooperatif tipe STAD yang digunakan dalam proses pembelajaran praktikum kimia fisika dapat meningkatkan nilai-nilai karakter siswa seperti nalar, kejujuran, ketelitian, tanggung jawab, disiplin,kepercayaan pada diri sendiri dan kerja sama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 01:00
Last Modified: 10 Apr 2019 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12953

Actions (login required)

View Item View Item