PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR BERBASIS MASALAH

Nurmayanti, Nurmayanti (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR BERBASIS MASALAH. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL NURMAYANTI.docx

Download (413kB)

Abstract: The study aims at examining (1) the level of validity from the result of development of problem-based basic programming learning module, (2) the level of practicality from the result of development of problem-based basic programming learning module, and (3) whether it is effective or not the result of development of problem-based basic programming learning module. The method employed in this study was Research and Development (R&D) with ADDIE development model. The study was conducted at SMKN 5 Sidrap. The subjects of the study were the students of grade X TKJ A with the total of 30 respondents. In instrument and product test stage, two assessors who understood about learning module development were chosen. Data were analyzed using statistics descriptive analysis technique from the percentage calculation and criteria range percentage. The results of the study reveal that (1) the problem-based basic programming learning module is in very valid category so it is feasible to be applied for the field test on users, (2) the problem-based basic programming learning module is in very practical category, and (3) problem-based basic programming learning module is in effective in enhancing learning outcomes. Keywords: basic programming learning module, problem-based. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kevalidan dari hasil pengembangan modul pembelajaran pemrograman dasar berbasis masalah; (2) tingkat kepraktisan dari hasil pengembangan modul pembelajaran pemrograman dasar berbasis masalah; (3) efektif atau tidaknya hasil pengembangan modul pembelajaran pemrograman dasar berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Sidrap. Subjek uji coba lapangan dalam penelitian ini berjumlah 30 responden peserta didik dan 5 pendidik. Tahap pengujian instrumen dan produk dipilih dua validator yang memahami tentang pengembangan modul pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dari perhitungan persentase serta melihat kriteria rentang persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran pemrograman dasar berbasis masalah berada pada kategori sangat valid, sehingga layak digunakan untuk uji coba lapangan terhadap pengguna; (2) modul pembelajaran pemrograman dasar berbasis masalah berada pada kategori sangat praktis; (3) modul pembelajaran pemrograman dasar berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Modul Pembelajaran Pemrograman Dasar, berbasis masalah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2019 02:31
Last Modified: 09 Apr 2019 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12929

Actions (login required)

View Item View Item