Pengembangan Bahan Pembelajaran Fisika Berbasis Emotional Spiritual Quotient (ESQ)

OCTAVIANI, FADILAH DWI (2017) Pengembangan Bahan Pembelajaran Fisika Berbasis Emotional Spiritual Quotient (ESQ). S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
02 Bab 1.pdf

Download (109kB) | Preview

ABSTRAK FADILAH DWI OCTAVIANI. Pengembangan Bahan Pembelajaran Fisika Berbasis Emotional Spiritual Quotient (ESQ). (Dibimbing oleh Muhammad Arsyad dan Muris). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan pembelajaran fisika berbasis Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X berjumlah 33 orang dan guru fisika berjumlah 2 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan instrumen tes hasil belajar. Proses analisis data dimulai dari hasil validasi penilaian pakar terhadap seluruh instrumen yang digunakan di dalam penelitian. Hasil validasi penilaian pakar dianalisis menggunakan uji Gregory. Instrumen penelitian yang sudah valid diujicobakan pada guru dan peserta didik. Selain analisis hasil validasi penilaian dan hasil uji coba, juga dilakukan analisis terhadap hasil belajar fisika peserta didik setelah menggunakan bahan pembelajaran berbasis Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Pengembangan bahan pembelajaran fisika ini dilakukan dengan tiga tahap utama, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap-tahap tersebut terdiri atas analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis materi, spesifikasi tujuan, dan perancangan bahan pembelajaran. Dari hasil validasi bahan pembelajaran fisika berbasis ESQ diperoleh tingkat validitas sebesar 0,96 yang berarti bahan pembelajaran fisika ini valid dan dapat digunakan. Kepraktisan bahan pembelajaran fisika dilihat dari respon guru terhadap bahan pembelajaran fisika sebesar 85% yang berarti bahan pembelajaran fisika ini praktis. Selain itu, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 80% dan termasuk kategori Baik. Kefektifan bahan pembelajaran dinilai dari hasil respon peserta didik terhadap bahan pembelajaran tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahan pembelajaran fisika ini berada efektif dengan rata-rata respon peserta didik sebesar 76%. Efektivitas bahan pembelajaran fisika juga ditunjang dengan ketuntasan hasil belajar fisika peserta didik setelah menggunakan bahan pembelajaran fisika ini mencapai 88% yaitu 29 orang peserta didik yang tuntas dan 4 orang yang tidak tuntas. Kata kunci: Bahan Pembelajaran Fisika, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritu

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:59
Last Modified: 05 Apr 2019 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12903

Actions (login required)

View Item View Item