PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKAN PESERTA DIDIK KELAS XI MIA MAN WAJO

Hasnah, Sitti and A. Kaharuddin, A. Kaharuddin and A. Muhammad, A. Muhammad (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGETAHUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKAN PESERTA DIDIK KELAS XI MIA MAN WAJO. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (413kB) | Preview

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis: (1)adanya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran CTL dan metode pembelajaran langsung, (2)ada tidaknya pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan pengetahuan awal terhadap pencapaian hasil belajar fisika, (3)adanya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran CTL dan metode pembelajaran langsung pada peserta didik yang memiliki pengetahuan awal tinggi, dan (4)pada peserta didik yang memiliki pengetahuan awal rendah, yang kesemuanya itu ditujukan pada kelas XI MIA MAN Wajo. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA MAN Wajo berjumlah 100 orang yang terbagi atas 5 kelas. Sampel penelitian berjumlah 44 orang terdiri atas empat kelas yang dipilih secara convienence sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode Pembelajaran CTL dan metode pembelajaran langsung, (2)terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan pengetahuan awal terhadap pencapaian hasil belajar fisika, (3)terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran CTL dan metode pembelajaran langsung pada peserta didik yang memiliki pengetahuan awal tinggi, dan (4)pada peserta didik yang memiliki pengetahuan awal rendah, yang kesemuanya itu ditujukan pada kelas XI MIA MAN Wajo. Kata Kunci: Metode CTL, Pengetahuan Awal, Hasil Belajar Fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:24
Last Modified: 05 Apr 2019 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12870

Actions (login required)

View Item View Item