PENERAPAN ANALISIS MARKOV PADA KASUS ANGSURAN KARTU HALO DI PT. INFOMEDIA SOLUSI HUMANIKA MAKASSAR

Shukur, Muhammad (2016) PENERAPAN ANALISIS MARKOV PADA KASUS ANGSURAN KARTU HALO DI PT. INFOMEDIA SOLUSI HUMANIKA MAKASSAR. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SHUKUR, 2016. Penerapan Analisis Markov pada kasus Angsuran Kartu Halo di PT. Infomedia Solusi Humanika Makassar.Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.(Dibimbing oleh pembimbing 1: Bahardan pembimbing 2: Wahidah Sanusi). Proses Markov adalah proses stokastik di mana keadaan masa lalu tidak mempunyai pengaruh pada keadaan masa yang akan datang bila keadaan masa sekarang diketahui.Model Markov merupakan bentuk analisis yang memberikan informasi peluangdalam mengambil keputusan dengan asumsi utama jumlah peluang periode awalnya adalah 1,00.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui model Markov dan penggunaannya dalam menganalisis perubahan keadaan pelanggan pada PT. Infomedia Solusi Humanika Makassarserta mengetahui kecenderungan keadaan pelanggan pada PT. Infomedia Solusi Humanika Makassar pada periode berikutnya. Hasil analisis data dengan menggunakan Model Markov menjelaskan bahwa : Model Markov yang digunakan pada penelitian ini adalah P(x_(n+1)=j│x_n=i,)=P_ij, dimana i=0,1 dan j=0,1. Keadaan 0 menunjukkan pelanggan yang tidak membayar lunas dan keadaan 1 menunjukkan pelangggan yang memabayar lunas. Keadaan pelanggan PT. Infomedia Solusi Humanika Makassarpada periode (bulan) Mei sampai Junitidak didominasi oleh keadaanpelanggan yang melunasi pembayaranmelainkan cenderung ke keadaan pelanggan yang tidak melunasi pembayaran dengan jumlah pelanggan sebanyak 245 pelanggan pada bulan Mei dan 287 pelanggan pada bulan Juni. Pada Bulan Mei sekitar 30% pelanggan yang tidak membayar lunas dan 70% pelanggan yang membayar lunas, sedangkan pada bulan Juni 58% pelanggan yang tidak membayar lunas dan 42% pelanggan yang membayar lunas. Kata kunci: Model Markov,Matriks, dan Keadaan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:26
Last Modified: 28 Mar 2019 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item