Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS di SD. Unggulan Sekabupaten Bulukumba.

BASRI, SURVINA (2014) Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS di SD. Unggulan Sekabupaten Bulukumba. S2 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SURVINA BASRI.docx

Download (622kB)

ABSTRAK SURVINA BASRI. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS di SD. Unggulan Sekabupaten Bulukumba.(Dibimbing oleh Muhammad Ardi dan Hasaruddin Hafid) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penggunaan dan bentuk media yang digunakan oleh guru dalam mengajar mata pelajaran IPS kelas V (2) Kemampuan guru dalam menyediakan dan menggunakan media pembelajaran mata pelajaran IPS kelas V, (3) Faktor Pendukung guru dalam menggunakan media pembelajaran mata pelajaran IPS kelas V (4) Faktor penghambat guru dalam menggunakan media pembelajaran mata pelajaran IPS kelas V di SD. Unggulan Sekabupaten Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara terstruktur, observasi dan catatan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh guru SD. Unggulan Sekabupaten Bulukumba sedangkan total sampel adalah 7 guru yang diambil melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Dalam penggunaan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran IPS baik elektronik maupun non elektronik, hanya ada tiga guru yang menggunakan media pembelajaran IPS dan empat guru yang tidak menggunakan media pembelajaran IPS, media elektronik yang digunakan adalah laptop dan LCD sedangkan media non elektronik yakni gambar/foto pahlawan. (2) Dalam hal menyediakan media dan menggunakan media pembelajaran IPS, ditemukan dua orang guru berada pada kategori baik, satu guru berada pada kategori cukup baik, dan ada empat guru yang berada pada kategori sangat kurang. (3) Faktor pendukung penggunaan media pembelajaran adalah Kepala sekolah, pegawai (operator sekolah), rekan sejawat, dan keluarga. (4) Faktor penghambat penggunaan media pembelajaran adalah keterampilan mengoperasikan media elektronik yang masih kurang, kepala sekolah, dan jumlah media elektronik yang sangat tidak memadai dan dalam kondisi yang rusak, menjadi faktor penghambat penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2016 05:51
Last Modified: 23 Nov 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item