HUBUNGAN ANTARA LITERASI SAINS DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KOTA MAKASSAR

Armas, Andi Ratna Khaerati (2019) HUBUNGAN ANTARA LITERASI SAINS DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ANDI RATNA ARMAS.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk menentukan hubungan antara literasi sains dengan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran kimia kelas XI MIPA SMA Negeri Se-Kota Makassar tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian sebanyak 1734 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 391 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen tes literasi sains dan data prestasi belajar peserta didik berupa nilai rapor mata pelajaran kimia semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian menggunakan analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains memiliki hubungan positif dengan prestasi belajar peserta didik dengan tingkat korelasi sedang. Kata Kunci: literasi sains, prestasi belajar. ABSTRACT The study is ex-post factor research, which aims to determining the correlation between scientific literacy toward students’ learning achievement on chemistry learning of grade XI MIPA at SMAN (public senior high schools) in Makassar of academic year 2017/2018. The Population of the study were 1734 students and the samples were 391 students obtained by employing proportionate stratified random sampling technique. Data were collected using instruments of scientific literacy test, and sata of students’ learning achievement was obtained from report score of Chemistry subject of academic year 2017/2018. Data were analyzed by using Pearson correlationanalysis and multiple regression analysis. The result of the study reveal that the scientific literacy has positive correlation toward students’ learning achievement with correlation. Keywords: scientific literacy, learning achievement.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2019 01:09
Last Modified: 26 Mar 2019 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item View Item