Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Window Shopping Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMP Negeri 9 Parepare, Kota Parepare.

HAIRIL, HAIRIL (2019) Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Window Shopping Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMP Negeri 9 Parepare, Kota Parepare. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HAIRIL.pdf

Download (174kB) | Preview

Peneliatian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Desain ini terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan hasil belajar Fisika peserta didik kelompok yang diajar menggunakan teknik Window Shopping dan kelompok diajar tanpa menggunakan teknik Window Shopping pada peserta didik SMP Negeri 9 Parepare, (2) menganalisis perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika kelompok yang diajar menggunakan teknik Window Shopping dan tanpa menggunakan teknik Window Shopping pada peserta didik SMP Negari 9 Parepare. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Parepare. Sementara yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.3 dan kelas VIII.2. Data yang diperoleh dianalisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif menaganalisis kevalidan instrumen. Analisis infernsial untuk mengetahui apakah sampel berasal populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan uji t mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) hasil belajar Fisika peserta didik pada pembelajaran teknik Window Shopping berada pada kategori tinggi, (2) hasil belajar Fisika peserta didik yang menggunkan teknik pembelajaran 5 M berada pada kategori tinggi dan sedang, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika peserta didik yang diajar menggunakan teknik Window Shopping dan diajar menggunakan teknik pembelajaran 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, menyimpulkan, dan mengomunikasikan).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2019 04:17
Last Modified: 19 Mar 2019 04:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12639

Actions (login required)

View Item View Item