DESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG TERKAIT DENGAN MATERI PECAHAN PADA KELAS VII.A MTS MADANI ALAUDDIN DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN VERBAL

Darma, Darma (2019) DESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG TERKAIT DENGAN MATERI PECAHAN PADA KELAS VII.A MTS MADANI ALAUDDIN DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN VERBAL. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel_Darma_Pendidikan Matematika Pps UNM.pdf

Download (190kB) | Preview

, Mathematics Education Postgraduate Program Universitas Negeri Makassar, Indonesia E-mail: darmabeddu@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan materi pecahan pada kelas VII.A MTs Madani Alauddin ditinjau dari tingkat kemampuan verbal. Subjek penelitian sebanyak dua orang siswa kelas VII.A MTs Madani Alauddin Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen dari penelitian ini berupa tes kemampuan verbal, tes diagnostik dan pedoman wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) deskripsi kesalahan subjek tinggi, rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan ditinjau dari kemampuan verbal pada tiap tahapan adalah, a) memahami masalah, pada tahapan ini, subjek tinggi tidak mengalami kesalahan dan subjek rendah melakukan jenis kesalahan fakta dalam memahami istilah-istilah dalam sola cerita pada materi pecahan. penyebabnya adalah subjek tidak mampu mengabstraksikan apa yang diketahui dan ditanyakan, b) merencanakan penyelesaian, pada tahapan ini subjek tinggi tidak mengalami kesalahan sedangkan subjek rendah melakukan jenis kesalahan dalam membuat model matematika dari soal cerita pada materi pecahan, penyebabnya adalah kurangnya pemahaman subjek dalam membuat model matematika, c) menyelesaikan masalah, pada tahapan ini subjek tinggi tidak mengalami kesalahan sedangkan subjek rendah melakukan jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi pecahan, penyebabnya adalah kurangnya pemahaman siswa tentang operasi matematika, d) mengecek kembali, pada tahapan ini subjek tinggi maupun rendah melakukan jenis kesalahan yaitu tidak menginterpretasikan jawabannya. Kata kunci: Letak kesalahan, jenis kesalahan, penyebab kesalahan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Mar 2019 06:25
Last Modified: 18 Mar 2019 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12621

Actions (login required)

View Item View Item