HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 BONE

Asrullah, Asrullah (2018) HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 8 BONE. S1 thesis, Pascasarjana.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asrullah, 2018. Hasil Belajar Fisika ditinjau dari Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi Peserta didik Kelas X SMA Negeri 8 Bone. Thesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Sidin Ali dan Muhammad Arsyad). Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep diri, motivasi berprestasi, dan hasil belajar fisika (2) menganalisis hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar fisika (3) menganalisis hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika (4) mensintesa hubungan antara konsep diri dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika (5) menganalisis hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar fisika jika mengontrol motivasi berprestasi (6) menganalisis hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika jika mengontrol konsep diri. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Bone berjumlah 175 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes hasil belajar. Proses analisis data dimulai dari hasil validasi penilaian pakar terhadap angket dan instrumen tes. Hasil validasi penilaian pakar dianalisis dengan menggunakan uji Gregory. Selain analisis hasil validasi pakar, juga dilakukan analisis validasi item. Pengelolan data hasil penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial untuk menggambarkan seberapa besar konsep diri, motivasi berprestasi fisika dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Bone. Konsep diri, motivasi berprestasi, dan hasil belajar fisika secara berturutturut berada dalam kategori sedang, tinggi, dan tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan hasil belajar fisika; motivasi berprestasi dan hasil belajar fisika; konsep diri dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika; konsep diri dan hasil belajar fisika jika mengontrol motivasi berprestasi; motivasi berprestasi dan hasil belajar fisika jika mengontrol konsep diri dengan taraf nyata α = 0,05. Kata kunci :Konsep diri, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jun 2019 07:03
Last Modified: 18 Jun 2019 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item View Item