POLA KEMITRAAN PROGRAM DIKIAT KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS PADA KEMITRAAN UNTVERSITAS NEGERI MAKASSAR DENGAN KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN)

Nur, Andi Cudai and Nirmala, Nirmala and Wahed, Andi (2015) POLA KEMITRAAN PROGRAM DIKIAT KEPALA SEKOLAH (STUDI KASUS PADA KEMITRAAN UNTVERSITAS NEGERI MAKASSAR DENGAN KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN). [Experiment]

[img]
Preview
Text
PENELITIAN A.CUDAI.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEER REVIEWER PENELITIAN.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mernahami realitas kemitraan yang diterapkan dalam bidang pendidikan, yarht pendidikan dan latihan bagi guru dan calon kepala sekolah, serta kepala sekolah untuk mendapatkan kompetensi dan peningkatan profesionalisasi dalam manajemen berbasis sekolah. Metodologi kualitatif dipergunakan dengan pendekatan analisis, dimana lokus adalah Universitas Negeri Makassar dan Kabupaten Gowa. TeKnik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sumbet datanya, dokumen, hasil wawancara dan observasi kemitoaan, dengan informan yaitu Pengelola pada Jurusan Administrasi Pendidikan FIP trNM dan staff Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa. Proposisi hasil penelitian ini adalah kemitraan di perguruan tinggi dapat berkualitas bila dibangun dari bawah berdasarkan akar masalah dan mendapatkan dukungan pemerintah, serta dilaksanakan dengan mempergunakan pola yang sesuai dan hubungan intensif antara pihak yang bermitra. Kesimpulan peneiitian adalah sebagai berikut: (1) Karakteristik kemitraan LPTK pada program Diklat Kepala Sekolah: hampir semua karakteristik kemitraan sudah dilaksanakan pada prograrm Diklat Kepala Sekolah; (2) Pola kemitraan menerapkan model kolaboratif, walaupun belum terlaksana sepenuhnya dan pelaksan a pada bidang pendidikan kemikaan belum sepenuhnya mengenal model kemitraan kolaboratif; (3) Pemanfaatan sumber daya (manusia, sarana, dan dana) dalam penerapan model kemitraan, sebagian sudah terpenuhi.(4) Pola kemitraan sudah merunjang kualitas proses dan produk pendidikan, dan memberi kontribusi positif walaupun belum maksimal. (5) Faktor-faktor yang menunjang dan menghambat dar1 sisi ekonomi, sosial dan politik masih ada. Kata kunci : pola kemitraan, diklat kepala sekolah

Item Type: Experiment
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 18 Jun 2019 06:54
Last Modified: 18 Jun 2019 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12325

Actions (login required)

View Item View Item