Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Peserta Didik pada Materi Pokok Sistem Ekskresi

MUKMINATI NUR, SRI (2013) Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Peserta Didik pada Materi Pokok Sistem Ekskresi. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nur, Sri Mukminati.docx

Download (13kB)

ABSTRAK SRI MUKMINATI NUR. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Peserta Didik pada Materi Pokok Sistem Ekskresi (dibimbing oleh Suradi Tahmir dan A. Mu’nisa) Penelitian ini bertujuan (i) Untuk mengetahui tahapan pengembangan perangkat penilaian kinerja peserta didik pada materi pokok sistem ekskresi; (ii) Untuk mengetahui kualitas perangkat penilaian kinerja pada materi pokok sistem ekskresi ditinjau dari kevalidan, reliabilitas, kepraktisan, taraf kesukaran dan daya beda. Penelitian ini adalah pengembangan perangkat dengan menggunakan model riset pengembangan tipe formatif research. Pada penelitian menggunakan satu kelas sebagai subjek penelitian dan satu kelas ujicoba small group dimana jumlah siswa pada small group hanya 20 peserta didik sedangkan pada subjek penelitian terdiri atas 40 peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar validasi instrumen, angket respon guru, lembar observasi penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik, lembar instrumen keterlaksanaan dan kepraktisan lembar kerja siswa dan tugas kinerja siswa. Lembar validasi instrumen digunakan untuk memperoleh data tentang kevalidan instrumen, angket respon guru untuk memperoleh data kepraktisan tentang penggunaan perangkat penilaian kinerja, instrumen keterlaksanaan dan keterlayakan untuk memperoleh data kepraktisan dan untuk melihat taraf kesukaran soal dan daya beda digunakan lembar kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian kinerja peserta didik pada materi pokok sistem ekskresi telah memenuhi kriteria kualitas perangkat pembelajaran, yaitu: (1) valid, rata-rata nilai kevalidan untuk RPP yaitu 3,47 (valid), materi ajar (buku siswa) yaitu 3,44 (valid), LKS yaitu 3,52 (sangat valid), (2) praktis, analisis keterlaksanaan perangkat penilaian kinerja diperoleh rata-rata total 3,5 berada pada kategori “sebagian besar terlaksana” (3,5 ≤ T ≥ 4,5) dan penilaian kelayakan perangkat penilaian kinerja 3,75 berada pada kategori “sangat layak” (3) memiliki taraf kesukaran sukar (5,2%), sedang (10,5%), mudah ( 84,3%), (4) memiliki daya beda: cukup (15,8%), baik (63,2%), dan sangat baik (21,0%). (1) nilai dari kevalidan perangkat penilaian yaitu (i) perangkat penilaian lembar kerja siswa dengan nilai validasi sebesar 0,97; (ii) perangkat penilaian tugas kinerja siswa dengan nilai validasi sebesar 0,87(2). Kesimpulan Pengembangan perangkat penilaian kinerja peserta didik pada materi pokok sistem ekskresi dengan model pengembangan tipe formatif research dengan tiga tahap yaitu: 1) self evaluation 2) prototyping 3) field test dan perangkat ini memenuhi kriteria valid (validitas isi dan keriteria), reliabel, praktis, memiliki taraf kesukaran dan daya beda. Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Penilitian pengembangan, Sistem eskresi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:10
Last Modified: 02 Nov 2016 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item