Amri, Amri (2013) Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Model Problem Based Instruction. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Amri.docx Download (13kB) |
Abstract
ABSTRAK AMRI. 2013. Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Model Problem Based Instruction. (Dibimbing oleh Jasruddin dan Oslan Jumadi) Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar biologi diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan model PBI siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka; (ii) Mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan model pembelajaran PBI. Jenis penelitian merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Baraka. Pada penelitian ini digunakan kelompok eksperimen I berupa pembelajaran kooperatif GI dan kelompok eksperimen II berupa model pembelajaran PBI. Instrumen penelitian berupa angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar, tes hasil belajar biologi untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Data dianalisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa dan hasil belajar biologi siswa, analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t (T-tes dengan α= 0,05) dan uji korelasi dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar biologi diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan model PBI siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka, dimana siswa yang diajar dengan model GI lebih termotivasi untuk belajar dibandingkan dengan kelas yang diajar menggunakan model PBI dan siswa yang diajar dengan model GI memiliki hasil belajar biologi siswa lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan model PBI; (ii) Terdapat hubungan motivasi dengan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Baraka yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan nilai signifikansi korelasi sebesar 0,786 dengan interpretasi cukup dan model pembelajaran PBI dengan nilai signifikansi korelasi sebesar 0,838 dengan interpretasi tinggi. Nilai korelasi antara motivasi dengan hasil belajar biologi siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model PBI lebih baik daripada nilai korelasi pada kelas yang diajar dengan menggunakan model GI. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI, Model Pembelajaran PBI, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Biologi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Biologi |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 05:37 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 05:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1208 |
Actions (login required)
View Item |