HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU IPA DENGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI DI KOTA TUAL

Asmirah, Nurul and Hala, Yusminah and Ramlawati, Ramlawati (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU IPA DENGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI DI KOTA TUAL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (318kB) | Preview

Kompetensi guru berperan penting dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Siswa yang memiliki persepsi yang baik (positif) terhadap kompetensi guru dan sikap yang positif terhadap pembelajaran, maka dalam dirinya akan timbul keinginan atau motivasi untuk berprestasi. Tumbuhnya motivasi berprestasi pada mata pelajaran yang dipelajarinya akan meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1) Persepsi siswa tentang kompetensi guru IPA SMP Negeri di Kota Tual, (2) Motivasi belajar IPA siswa SMP Negeri di Kota Tual, (3) Hasil belajar IPA siswa SMP Negeri di Kota Tual, (4) Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru IPA dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri di Kota Tual, (5) Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru IPA dengan hasil belajar siswa SMP Negeri di Kota Tual, (6) Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri di Kota Tual.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto.Populasi penelitian yaitu keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Tual yang berjumlah 827 orang dan sampel penelitian berjumlah 124 orang. Teknik pengambilan sampel dengan carapurposive sampling. Pengumpulan data persepsi siswa tentang kompetensi guru IPA dan data motivasi belajar siswa menggunakan angket, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari dokumen hasil ulangan akhir semester (UAS).Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa tentang kompetensi guru IPA berada pada kategori sedang. (2) Motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi. (3) Hasil belajar IPA siswa termasuk dalam kategori kurang. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru IPA dengan motivasi belajar siswa. (5) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru IPA dengan hasil belajar siswa. (6) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Kompetensi Guru, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Feb 2019 06:36
Last Modified: 04 Feb 2019 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12067

Actions (login required)

View Item View Item