Karakteristik Perhatian dan Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMKN 1 Pinrang Tahun 2014

ALI TOGE, MUHAMMAD (2013) Karakteristik Perhatian dan Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMKN 1 Pinrang Tahun 2014. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MUHAMMAD ALI TOGE..docx

Download (18kB)

ABSTRAK MUHAMMAD ALI TOGE. Karakteristik Perhatian dan Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMKN 1 Pinrang Tahun 2014. (Dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Asdar) Karakteristik perhatian dan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika merupakan hal penting yang harus diketahui oleh seorang guru karena dengan mengetahui karakteristik perhatian dan karakteristik persepsi siswa yang ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik maka seorang guru memiliki acuan perlakuan yang akan digunakan dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, seorang guru tidak lagi memaksakan gaya belajar yang dimiliki sebagai acuan untuk melakukan pembelajaran matematika di kelas, melainkan selalu mengidentifikasi karakteristik siswa yang di ajar dengan mempertimbangkan karakteristik perhatian dan persepsi siswa yang ditinjau dari gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Oleh karena itu pertanyaan dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana karakteristik perhatian siswa SMKN 1 Pinrang terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar yang dimiliki? (ii) Bagaimana karakteristik persepsi siswa SMKN 1 Pinrang terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar yang dimiliki? Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui karakteristik perhatian siswa SMKN 1 Pinrang terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar yang dimiliki; (ii) untuk mengetahui karakteristik persepsi siswa SMKN 1 Pinrang terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam yang didahului dengan pemberian kuesioner gaya belajar kepada siswa untuk menentukan subjek penelitian. Masing-masing gaya belajar diwakili oleh satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) siswa visual memiliki karakteristik perhatian intensif, perhatian terbagi, dan perhatian terfokus; (ii) Siswa bergaya belajar auditori memiliki karakteristik perhatian tidak intensif dan perhatian terfokus; (iii) Siswa bergaya belajar kinestetik memiliki karakteristik perhatian tidak intensif dan perhatian tidak terfokus; (iv) siswa visual memiliki karakteristik persepsi positif terhadap pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan persepsi siswa menganggap bahwa matematika adalah merupakan pelajaran susah namun menarik dipelajari; (v) siswa auditori memiliki karakateristik persepsi positif terhadap pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan persepsi siswa menganggap bahwa pembelajaran matematika itu menarik untuk diikuti dan menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang gampang-gampang susah; dan (vi) siswa kinestetik memiliki karakteristik persepsi negatif terhadap pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan persepsi siswa yang menganggap bahwa pembelajaran matematika merupakan mata pelajaran susah dipelajari dan cepat membosankan. ABSTRACT MUHAMMAD ALI TOGE. 2014. Characteristics of Attention and Perception of Students toward Learning Mathematics Based on Learning Styles of Students at SMKN 1 Pinrang (Superviesd by Nurdin Arsyad and Asdar). The study aims at examining (i) characteristics of attention of students at SMKN 1 Pinrang toward learning Mathematics based on learning styles, (ii) characteristics based on learning styles. The study used descriptive approach. Data were collected through observation and in-depth interview but given a questionnaire of learning styles to determine the subjects of the study. Each of learning style was represented by one male and female student. The result of the study revealed that (i) the visual student has characteristics of intensive attention, split attention, and focused, (ii) the auditory learning style has characteristics of non-intensive attention and focused attention, (iii) kinesthetic learning style has characteristics of non-intensive attention and unfocused attention, (iv) the visual student has characteristics of positive perception on learning Mathematics showed by students’ perception who considered it was a difficult subject but interesting to be learned, (v) the auditory student has characteristics of positive perception on learning Mathematics showed by students’ perception who considered it easy but difficult, and (vi) kinesthetic student has characteristics of negative perception on learning Mathematics showed by students’ perception who considered it as difficult to learn and boring easily.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:11
Last Modified: 26 Oct 2016 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item