Deskripsi Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa

Nurfadilah, Nurfadilah and Arsyad, Nurdin and Minggi, Ilham (2018) Deskripsi Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NURFADILAH (1411441013), PEND. MATEMATIKA 2014.pdf

Download (543kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki gaya berpikir tipe sekuensial konkret (SK), sekuensial abstrak (SA), acak konkret (AK), dan acak abstrak (AA). Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik purposive sampling maka, dipilih subjek penelitian sebanyak 8 siswa pada kelas X salah satu SMA di Makassar. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket gayaberpikir, tes pemecahan masalah dan wawancara kemudian melalui tiga tahapan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada tahap pemecahan masalah semua tipe gaya berpikir siswa tidak menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan, kecuali tipe AK yang menuliskan hal yang diketahui dari soal. Pada tahap merencanakan pemecahan masalah semua tipe siswa menuliskan persamaan yang akan digunakan, akan tetapi persamaan yang dibuat siswa tipe AK kurang tepat. Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah semua tipe siswa menyelesaikan permasalahan menggunakan metode eliminasi dan subtitusi, kecuali siswa tipe AA yang menggunakan metode coba-coba. Siswa tipe SK dan SA hasil penyelesaian yang diperoleh sudah tepat sedangkan siswa tipe AK dan AA hasil yang diperoleh masih kurang tepat. Pada tahap memeriksa kembali semua tipe siswa melakukan pengecekan pada hasil pekerjaannya, kecuali siswa tipe gaya berpikir AA. Kata kunci: Pemecahan masalah, gaya berpikir Abstract. This research aims to describe mathematical problem solving for students who have a thinking styles type concrete sequential, abstract sequential, concrete random, and abstract random. This type of research is descriptive qualitative. By using purposive sampling technique, 8 subjects were selected in the class X. The data collection technique uses a thinking style questionnaire, problem solving tests and interviews then through three stages of data analysis, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusion. The results showed that at the problem solving stage all types of thinking styles of students did not write things that were known and asked, except for the type of AK which wrote things that were known from the problem. At the stage of planning the problem solving all types of students write down the equations that will be used, but the similarities made by AK type students are less precise. At the step of implementing the problem solving plan all types of students solve problems using elimination and substitution methods, except for students of type AA who use trial and error methods. SK and SA type students who have obtained the results of the settlement are correct, while students of type AK and AA, the results obtained are still inaccurate. At the step of re-checking all types of students check the results of their work, except students of the type of thinking style AA. Keywords: Problem solving, thinking style

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Jan 2019 00:51
Last Modified: 02 Jan 2019 00:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11710

Actions (login required)

View Item View Item