Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Materi Pokok Trigonometri Pada Siswa Kelas X-A SMA Negeri 1 Tamalatea Kab. Jeneponto.

RUSLI B., ABSTRAK M. (2013) Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Materi Pokok Trigonometri Pada Siswa Kelas X-A SMA Negeri 1 Tamalatea Kab. Jeneponto. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
M. RUSLI B..docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK M. RUSLI B. 2014. Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Materi Pokok Trigonometri Pada Siswa Kelas X-A SMA Negeri 1 Tamalatea Kab. Jeneponto. (Dibimbing oleh Suradi Tahmir dan Asdar). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola Interaksi belajar matematika siswa dalam pembelajaran berbasis proyek dengan bentuk interaksi memberi bantuan disertai penjelasan, memberi bantuan tanpa penjelasan, meminta bantuan dan diskusi atau menyampaikan pendapat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-A SMA Negeri 1 Tamalatea Kab. Jeneponto dengan 8 siswa sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan awal tinggi (SKAT), 4 siswa berkemampuan awal sedang (SKAS) dan 2 siswa berkemampuan awal rendah (SKAR). Data interaksi belajar matematika siswa dalam pembelajaran berbasis proyek diperoleh dengan lembar observasi interaksi siswa (LOIS) dan rekaman handycam kemudian diverifikasi melalui wawancara. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa (1) Pola interaksi memberi bantuan disertai penjelasan lebih dominan dilakukan oleh SKAT, (2) Pola interaksi memberi bantuan tanpa penjelasan cenderung dominan dilakukan SKAS, (3) Pola interaksi meminta bantuan cenderung dominan dilakukan oleh SKAR dan siswa yang paling sering dimintai bantuan adalah SKAT, (4) Pola interaksi diskusi atau menyampaikan pendapat cenderung dominan dilakukan oleh SKAT, (5) Pola interaksi yang terjadi antara SKAT dengan SKAS adalah SKAS cenderung meminta bantuan terhadap SKAT sedangkan SKAT cenderung memberi bantuan disertai penjelasan terhadap SKAS, (6) Pola interaksi yang terjadi antara SKAS dengan SKAR adalah SKAR cenderung meminta bantuan terhadap SKAS sedangkan SKAS cenderung memberi bantuan tanpa penjelasan terhadap SKAR (7) Pola interaksi yang terjadi antara SKAT dengan SKAR adalah SKAR cenderung meminta bantuan terhadap SKAT sedangkan SKAT cenderung memberi bantuan disertai penjelasan terhadap SKAS, (8) Pola interaksi yang lebih dominan terjadi pada kelompok SKAT adalah interaksi diskusi atau menyampaikan pendapat, (9) Pola interaksi yang lebih dominan terjadi pada kelompok SKAS adalah interaksi diskusi atau menyampaikan pendapat, dan (10) Pola interaksi yang cenderung terjadi pada kelompok SKAR adalah interaksi meminta bantuan. Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, Interaksi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:11
Last Modified: 26 Oct 2016 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item