Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Sinjai Utara

ARIFIN, KURNIATI (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Sinjai Utara. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
KURNIATI ARIFIN..docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK KURNIATI ARIFIN. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Sinjai Utara (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Abdul Rahman). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada tipe STAD, (2) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang bergaya belajar visual yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada tipe STAD, (3) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang bergaya belajar auditorial yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada tipe STAD, (4) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang bergaya belajar kinestetik yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada tipe STAD, (5) mengetahui hasil belajar matematika yang bergaya belajar visual lebih baik daripada yang bergaya belajar auditorial dan kinestetik. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri di Kecamatan Sinjai Utara dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Sinjai Utara sebagai kelas eksperimen I yang diajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas VIII 2 SMP Negeri 2 Sinjai Utara sebagai kelas eksperimen II yang diajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada tipe STAD, (2) hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa tidak benar hasil belajar matematika siswa yang bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada tipe STAD. ABSTRACT KURNIATI ARIFIN. The Influence of Cooperative Learning Model towards Learning Outcomes in Mathematics based on Students’ Learning Style at VIII class at public junior high school in SinjaiUtara (supervised by Baso Intang Saapaile and Abdul Rahman). This is a quasi-experimental research. The aims of this research is to examine (1) whether learning outcomes of students who are taught by cooperative learning model of TAI type is better than the STAD type., (2) whether students who have visual learning style taught by cooperative learning model of TAI type is better than STAD type, (3) whether students who have auditory learning style taught by cooperative learning model of TAI type is better than STAD type, (4) whether students who have kinesthetic learning style taught by cooperative learning model of TAI type is better than STAD type, (5) whethever students who have visual learning style is better than auditory and kinesthetic. The population of this research is public junior high school in Sinjai Utara and the samples of this research were the students in class VIII 2 at SMP Negeri 1 Sinjai Utara as the experiment class I taught by cooperative learning model of TAI and class VIII 2 at SMP Negeri 2 Sinjai Utara as the experiment class II taught by cooperative learning model of STAD type of academic year 2013/2014. The result of this research showed that: (1) the mathematics learning outcomes of the students who were tught by cooperative learning model of TAI type is better than the STAD type, (2) the result of inferential analysis indicates that it is false that the mathematics learning outcomes of the students who have visual, auditory, and kinesthetic taught by cooperative learning model of TAI type or STAD type is better than the ones taught by STAD type.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:11
Last Modified: 26 Oct 2016 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item