Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar dengan Mengontrol Kemampuan Awal (Eksperimen Semu pada Siswa SMPN di Kabupaten Gowa (

HARDIYANTI, HARDIYANTI (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar dengan Mengontrol Kemampuan Awal (Eksperimen Semu pada Siswa SMPN di Kabupaten Gowa (. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HARIADY..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK HARDIYANTI. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar dengan Mengontrol Kemampuan Awal (Eksperimen Semu pada Siswa SMPN di Kabupaten Gowa (dibimbing oleh M. Arif Tiro dan Baso Intang Sappaile). Pemilihan model yang tepat dalam pembelajaran akan menjadikan pembelajaran menjadi menarik dan membuat siswa aktif sehingga timbul motivasi siswa yang akan berdampak pada hasil belajar yang akan meningkat dan mengakibatkan tujuan pembelajaran tercapai. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran matematika dengan memperhatikan motivasi belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran yang dapat memotivasi belajar siswa adalah pengelolaan dengan desain pembelajaran kooperatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Gowa setelah mengurangi pengaruh linear kemampuan awal siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri di Kabupaten Gowa tahun ajaran 2013/2014 (studi pada siswa kelas VII). Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan metode random cluster sampling. Sampel yang terpilih adalah dua sekolah negeri yang ada di Kabupaten Gowa, yakni SMP Negeri 2 Bajeng Barat dan SMP Negeri 1 Barombong dengan jumlah masing-masing siswa kelas VII adalah 30 dan 32 orang. Ada empat macam variabel dalam penelitian ini, yaitu: (1) variabel bebas yang terdiri atas model pembelajaran kooperatif, (2) variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa (3) variable kontrol adalah motivasi belajar dan (4) variable kovariat adalah kemampuan awal. Model pembelajaran kooperatif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division. Motivasi belajar yang dimaksud adalah motivasi tinggi dan motivasi rendah. Sedangkan kemampuan Awal yang dimaksud adalah tingkat penguasaan siswa terhadap suatu materi yang berkaitan dengan materi yang akan diberikan untuk melihat gambaran kemampuan awal siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, tes hasil belajar matematika, dan tes kemampuan awal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis ANKOVA. Terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif pada setiap motivasi belajar siswa ABSTRACT HARDIYANTI. 2014. The Influence Of Learning Model Towards The Mathematics Learning Outcomes Based on Learning Motivation by Controlling Prior Ability (A Quasi Experiment to the Students of SMPN in Gowa District) ( Supervised by M. Arif Tiro and Baso Intang Sappaile). This research is an experiment research which aims at examining whether the cooperative learning model and the students’ learning motivation influence the Mathematics Learning Outcomes of class VII students at SMPN in Gowa district after reducing the linear influence of prior ability the students. The populations of this research were all students at SMPN in Gowa district of academic year of 2013/2014. The sample of this research was chosen by using random cluster sampling method. The samples obtained were SMP Negeri 2 Bajeng Barat and SMP Negeri 1 Barombong with 30 and 32 students from each class VII respectively. The variable of this research were (1) the independent variables which consisted of the cooperative learning model and the students’ learning motivation (2) the dependent variable was the students’ learning outcome in mathematics (3) the control variable was the learning motivation, and (4) covariate variable was the prior ability. The cooperative learning models referred to Numbered Heads Together type and Students Teams Achievement Division type. The learning motivation referred to high and low motivation. While the prior ability referred to the students’ mastery level toward the material which was related to the material intended to be given to discover the description of the students’ prior ability. The instruments of this research were learning motivation questionnaire, the test of mathematics learning outcomes and the test of prior ability. The collected data was analyzed by using descriptive and statistic inferential analysis with ANKOVA. There are differences in learning outcomes between cooperative learning models in each of learning motivation of students.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:11
Last Modified: 26 Oct 2016 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item