Bahri, Arsad and Adnan, Adnan and Ismail, Ismail (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. In: Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 30 September 2017, Universitas Mataram.
|
Text
prosiding semnas hppbi.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
Hasil Peer Review Meningkatkan aktivitas belajar.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar peserta didik pada perkuliahan Struktur Hewan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilakukan pada mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM semester genap 2016/2017. Sampel penelitian terdiri atas 61 orang mahasiswa yang terdiri atas dua kelas diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Aktivitas belajar mahasiswa diukur dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Data dianalisis secara kualitatif dan divisualisasikan dengan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing pada perkuliahan Struktur Hewan terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga. Dosen dapat menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk perkuliahan biologi lainnya dengan mempertimbangkan karakteristik materi. Kata kunci: inkuiri terbimbing, aktivitas belajar, model pembelajaran
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Arsad Bahri |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 03:28 |
Last Modified: | 07 May 2019 07:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11592 |
Actions (login required)
View Item |