Bahri, Arsad and Idris, Irma Suryani (2017) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PBL-RQA (INTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING DAN READING, QUESTIONING, & ANSWERING) UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN RETENSI MAHASISWA. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)
|
Text
t. ARSAD BAHRI_UNM_PPT.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Selama ini, perkuliahan Fisiologi Hewan di Jurusan Biologi FMIPA UNM sebagian besar masih berorientasi pada penguasaan konsep dan belum mengupayakan untuk pemberdayaan keterampilan metakognitif mahasiswa. Hal ini berimplikasi terhadap kemampuan kognitif mahasiswa cenderung rendah. Pada proses perkuliahan, masih banyak permasalahan yang belum terpecahkan terutama yang terkait dengan konsepkonsep fisiologi hewan yang mendasar yang mereka bawa dari bangku sekolah menengah. Permasalahan lain, pembelajaran yang telah dilaksanakan belum mampu membantu mahasiswa menyimpan pengetahuan yang diperoleh pada memori jangka panjang (retensi). Dibutuhkan suatu strategi pembelajaran konstruktif yang lebih efektif untuk mengatasi permasalahan di atas. Strategi yang dianggap tepat untuk diterapkan strategi Problem Based Learning (PBL). Namun ada kecenderungan hanya mahasiswa dengan kemampuan akademik atas yang dapat terlibat aktif dalam pembelajaran PBL, sedangkan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik bawah cenderung kesulitan menemukan permasalahan dan menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan di dalam kelas. Penyebabnya antara lain rendahnya minat baca mahasiswa terhadap materi perkuliahan untuk menyiapkan diri mengikuti perkuliahan masih sangat rendah yang berakibat mahasiswa cenderung tidak memiliki pengetahuan awal terkait materi perkuliahan yang akan dibahas. Reading Questioning and Aswering (RQA) merupakan strategi pembelajaran yang dikembangkan atas dasar kenyataan bahwa hampir semua mahasiswa yang ditugasi membaca materi kuliah terkait perkuliahan yang akan datang selalu tidak membaca, yang berakibat strategi perkuliahan yang dirancang sulit terlaksana dan pada akhirnya pemahaman terhadap materi perkuliahan menjadi rendah. Implementasi strategi pembelajaran RQA terbukti mampu memaksa mahasiswa untuk membaca materi kuliah yang ditugaskan, sehingga strategi perkuliahan yang dirancang dapat terlaksana dan pemahaman terhadap materi perkuliahan berhasil ditingkatkan. Strategi RQA dapat diintegrasikan ke dalam strategi PBL agar RQA dapat menutupi kekurangan dari PBL. Dianggap perlu mengembangkan strategi pembelajaran yang memadukan RQA dan PBL yang selanjutnya disebut strategi PBL-RQA. Strategi ini diharapkan mampu memberdayakan keterampilan metakognitif dan menigkatkan retensi mahasiswa. Prosedur pengembangan yang mengikuti tahapan model desain pembelajaran (instructional design) 4 D Thiagarajan. Penelitian ini direncanakan 2 tahun, yaitu tahun pertama merupakan kegiatan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) strategi dan perangkat perkuliahan PBL-RQA pada mata kuliah Fisiologi Hewan. Tahun kedua merupakan kegiatan uji coba skala luas, ekperimentasi, sekaligus penyebarluasan (disseminate). Adapun indikator ketercapaian penelitian tahap pertama ini adalah tersedianya strategi dan perangkat perkuliahan PBL-RQA yang terdiri atas silabus, rencana pelaksanaan perkuliahan, dan alat evaluasi. Indikator ketercapaian penelitian tahap kedua adalah berkembangnya keterampilan metakogitif dan meningkatnya retensi mahasiswa
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Arsad Bahri |
Date Deposited: | 08 Dec 2018 16:36 |
Last Modified: | 08 Dec 2018 16:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11575 |
Actions (login required)
View Item |