PENGARUH GENDER, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP MINAT STUDI LANJUT SISWA KE PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI KABUPATEN TANA TORAJA

Tomas, Yunion and Annas, Suwardi and Asdar, Asdar (2018) PENGARUH GENDER, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP MINAT STUDI LANJUT SISWA KE PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI KABUPATEN TANA TORAJA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
PDF.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

YUNION TOMAS. 2018. Pengaruh Gender, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar Matematika terhadap Minat Studi Lanjut Siswa ke Pendidikan Matematika dan Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten tana Toraja (dibimbing oleh Suwardi Annas, dan Asdar) Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh gender, kecerdasan emosional, dan motivasi belajar matematika terhadap minat studi lanjut siswa ke pendidikan matematika dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Tana Toraja. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Tana Toraja pada tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakanskala pengukuran kecerdasan emosional, skala pengukuran motivasi belajar matematika, skala pengukuran minat studi lanjut siswa ke pendidikan matematika, dan tes prestasi belajar matematika Data dianalisisdenganmenggunakan teknikanalisis Regresi Linear danMANOVA(Multivariate Analysis of Variance). Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa banyaknya siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Tana Toraja yang berjenis kelamin perempuan adalah 84 siswa dan banyaknya siswa yang berjenis kelamin laki-laki adalah 41 siswa. Siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Tana Toraja memiliki kecerdasan emosional tinggi, motivasi belajar matematika tinggi, minat studi lanjut siswa ke pendidikan matematika rendah, prestasi belajar matematika rendah.Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa gender tidak berpengaruh terhadap minat studi lanjut siswa ke pendidikan matematika dan prestasi belajar matematika, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat studi lanjut siswa ke pendidikan matematika dan prestasi belajar matematika, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat studi lanjut siswa ke pendidikan dan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Secara simultan, gender, kecerdasan emosional, dan motivasi belajar matematika berpengaruh terhadap minat studi lanjut siswa ke pendidikan matematika dan prestasi belajar matematika. Kata Kunci: Gender, Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar Matematika, MANOVA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2018 05:37
Last Modified: 06 Dec 2018 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11562

Actions (login required)

View Item View Item