Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Makassar

ULFAH, RESKI NADIA and Azis, Muhammad and Idris, Hariany (2018) Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL_RESKI NADIA ULFAH_1292040020_PEND.AKUNTANSI S1.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi sosial guru (X), dan prestasi belajar siswa (Y) yang diukur menggunakan Skala Guttman. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 135 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Ŷ=60,784+1,145X, artinya setiap penambahan satu satuan nilai kompetensi sosial guru, maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 1,145 satuan. Hasil korelasi product moment ( r ) diperoleh sebesar 0,547 atau sebesar 54,7 %. Menunjukkan hubungan antara kompetensi sosial guru dengan prestasi belajar dalam kategori sedang. Hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05, dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Kata kunci: Kompetensi Sosial Guru, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Nov 2018 06:24
Last Modified: 29 Nov 2018 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11523

Actions (login required)

View Item View Item