Muis, Abd and Ismail, Ismail and Bahri, Arsad (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MOODLE. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)
|
Text
k. moodle-ilovepdf-compressed.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fisiologi tumbuhan merupakan salah satu objek kajian biologi yang cukup luas mencakup proses-proses fisiologis yang terjadi pada tumbuhan bserta faktor-faktor yang terkait dengan proses-proses fisiologis tersebut. Pemaparan mengenai objek kajian fisiologi tumbuhan terkadang tidak sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan di kelas dan sangat membutuhkan media yang interaktif agar tidak terkesan abstrak sehingga perlu adanya pemanfaatan suatu media yang dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa yang tidak hanya terbatas di dalam kelas tetapi juga di luar kelas secara terkontrol sekaligus dapat menyajikan materi secara interaktif. Media pembelajaran yang interaktif, komunikatif, dan menyenangkan dapat membangkitkan motivasi mahasiswa untuk belajar biologi yang dapat diakses tanpa batasan ruang dan waktu sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, efektifitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran meningkat yang akan berimbas terhadap tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Sistem pembelajaran elektronik (e-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning memungkinkan mahasiswa dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi dengan sumber belajarnya (database, dosen, perpustakaan) yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan. Saat ini telah ditemukan media berbasis e-learning yaitu website dengan menggunakan Course Management System (CMS). Salah satu contoh CMS adalah penggunaan software Moodle. iv Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada Jurusan Biologi FMIPA UNM khususnya pada pada perkuliahan Fisiologi Tumbuhan,belum memanfaatkan media pembelajaran berupa e-learning dengan optimal. Tidak dimanfaatkannya media dalam proses pembelajaran, pada umumnya disebabkan oleh berbagai alasan, seperti waktu persiapan mengajar yang terbatas, sulit mencari media yang tepat, biaya tidak tersedia, atau alasan lain. Hal tersebut sebenarnya tidak perlu muncul apabila pengetahuan akan ragam media, karakteristik, serta kemampuan masing-masing diketahui oleh para pengajar. Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan software Moodle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran mata kuliah Fisiologi Tumbuhan yang valid berbasis e-learning dengan menggunakan Software Moodle. Metode penelitian yang akan digunakan adalah Research & Development yang bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang diharapkan untuk memberikan proses pembelajaran interaktif dan dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa. Penelitian pendidikan dan pengembangan merupakan jenis penelitian yang banyak digunakan untuk memecahkan masalah praktis di dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development Borg dan Gall yang terdiri atas 5 tahap yaitu penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pembuatan produk awal, uji coba dan perbaikan produk awal, dan uji coba lapangan dan perbaikan produk akhir. Pelaksanaan penelitian ini direncanakan di Jurusan Biologi FMIPA UNM selama 8 bulan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM, dosen mata kuliah Fisiologi Tumbuhan, dan validator ahli. Hasil penelitian ini adalah serangkaian tahapan penelitian pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk perkuliahan Fisiologi Tumbuhan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mata kuliah Fisiologi Tumbuhan berbasis e-learning dengan menggunakan LMS Moodle dinyatakan valid.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1) FMIPA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Arsad Bahri |
Date Deposited: | 25 Nov 2018 06:31 |
Last Modified: | 25 Nov 2018 06:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11486 |
Actions (login required)
View Item |