SUANDI, SUANDI (2013) Penggunaan Multimedia Berbahasa Inggris dalam Pembelajaran Matematika Bilingual (Studi Eksplorasi dalam Pembelajaran Lingkaran di Kelas VIII SMPN 2 Maros). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK SUANDI. 2013. Penggunaan Multimedia Berbahasa Inggris dalam Pembelajaran Matematika Bilingual (Studi Eksplorasi dalam Pembelajaran Lingkaran di Kelas VIII SMPN 2 Maros). (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Hisyam Ihsan) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan multimedia berbahasa Inggris pada pembelajaran matematika bilingual di SMPN 2 Maros yang mencakup deskripsi aktivitas siswa dan pengelolaan pembelajaran oleh guru serta untuk mengetahui respons siswa dan peningkatan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksprimen dan studi kasus. Teknik pengumpulan data terbagi atas dua bagian, yaitu bagian kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data kualitatif memusatkan perhatian pada aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pengumpulan data kuantitatif berupa pemberian angket untuk mendapatkan respon siswa terhadap pembelajaran, dan tes prestasi belajar untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Data aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran dianalisis secara kualitatif, data respon siswa dianalisis dengan menghitung persentase respon positif siswa terhadap beberapa kategori yang ditanyakan, tes prestasi belajar dianalisis dengan cara menghitung gain score dari pre test dan post test kemudian menguji hipotesis dengan uji-t menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dampak dari penggunaan multimedia berbahasa Inggris terhadap aktivitas siswa dideskripsikan sebagai berikut: Siswa dominan menyelesaikan LKS atau soal yang berbahasa Inggris secara mandiri atau tanpa meminta penjelasan tambahan dari guru atau teman, secara umum siswa cenderung memperhatikan multimedia tanpa aktivitas lain yang tidak relevan dengan pembelajaran, siswa lebih memahami istilah-istilah matematika dalam bahasa Inggris dan secara keseluruhan aktivitas siswa masuk dalam kategori ideal; (2) Pengelolaan pembelajaran guru dideskripsikan sebagai berikut: guru menampilkan multimedia berbahasa Inggris secara bertahap diselingi penjelasan guru yang berbahasa Indonesia, semua sintaks disetiap pertemuan dapat dilaksanakan oleh guru sesuai dengan RPP yang dikembangkan, dan guru dapat mengelola waktu disetiap pertemuan sesuai dengan waktu yang direncanakan pada RPP; (3) Siswa merespons positif pembelajaran yang ditunjukkan oleh lebih dari 100% atau semua pertanyaan direspon positif oleh lebih dari 50% siswa; (4) Rata-rata hasil pre test siswa adalah 43,96 dengan standar deviasi 18 dan hasil post test adalah 84,92 dengan standar deviasi 10,8 dari skor ideal 100 dari data tersebut didapatkan rata-rata gain score 0,76 termasuk dalam kategori tinggi, data berasal dari populasi yang berdistribusi normal dengan nilai probabilitas 0,065 untuk data pre-test dan 0,078 untuk data post-test. Data juga berasal dari populasi yang memiliki varians yang sama atau homogen dengan nilai probabilitas > 0,05 atau 5%. Dengan Uji-t diperoleh nilai probabilitas sebesar 0.000 yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan nilai rata-rata pemahaman siswa setelah penggunaan multimedia pada pembelajaran matematika bilingual, Tes akhir juga memperlihatkan bahwa 21 dari 25 siswa (84%) telah mencapai nilai KKM mata pelajaran matematika di SMPN 2 Maros. ABSTRACT SUANDI. 2013. Utilizing English Multimedia on Bilingual Mathematics (Exploration Study on Circles Lesson in the Grade VIII of SMPN 2 Maros). (Supervised by Hamzah Upu and Hisyam Ihsan) The aims of this research were to describe the utilizing of English multimedia on bilingual mathematics at SMPN 2 Maros including the description of students’ activities and learning management by teacher as well as to examine students’ response and their learning achievement. This was a pre-experimental and case study. Data were collected using qualitative and quantitative techniques. The qualitative data was focused on the students and teacher’s activities during the learning process through observation, interview, and documentation which was then analyzed by employing qualitative analysis; whereas , the quantitative data was collected through questionnaire to obtain the students’ response toward the lesson, which was then analyzed by counted percentage of students’ positive response, and through learning achievement test to obtain the students’ learning achievement, which was and analyzed by counted the gain score from the pre-test and post-test. Afterward, the hypothesis was tested by implementing t-test supported by SPSS application. The result of the study revealed that (1) there were several influences in utilizing English multimedia on students’ activities, such as mostly students finished their worksheet or English test individually or without asking more explanation from the teacher or their classmates, generally students tended to focus on the multimedia than doing other irrelevant learning activities, students had more comprehension on mathematics term in English, and overall the students’ activities were classified in ideal category; (2) in term of learning management, teacher presented the multimedia in stages and alternated by an explanation in Indonesian, all syntaxes in every meeting were conducted based on the lesson plan developed, and teacher could manage the time on every meetings as what was planned in the lesson plan; (3) 100% of students responded positively to the learning; (4) the mean score of students’ pre-test was 43.96 by standard of deviation 18 and the mean score of students’ post-test was 84.92 by standard of deviation10.8 of the standard score 100. It was also revealed that the gain score was 0.76 and classified as high, the data taken from the normal distribution population by probability score 0.065 for the pre-test and 0.078 for the post-test data. Data was also taken from the population with same variance or homogeny by probability score > 0.05 or 5% and probability score which was found through the t-test was 0.000, which indicated that there was significant achievement of students’ comprehension score after utilizing English multimedia on bilingual Mathematics lesson. The final test also indicated that 21 out of 25 students (84%) had met the standard score of KKM on Mathematics lesson at SMPN 2 Maros.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 03:09 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1145 |
Actions (login required)
View Item |