MAHARANI SABBAN, NOVITA DWI (2014) Pengembangan E-learning dalam Pembelajaran MatriksPada Mahasiswa Teknik Informatika STMIK Handayani Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Stevy Somalinggi.docx Download (13kB) |
Abstract
ABSTRAK NOVITA DWI MAHARANI SABBAN. Pengembangan E-learning dalam Pembelajaran MatriksPada Mahasiswa Teknik Informatika STMIK Handayani Makassar (dibimbing oleh H. Djadir dan Asdar). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran e-learning dengan menggunakan software LSM Moodle versi 2.4.3 pada STMIK Handayani Makassar, khususnya pada mata kuliah Aljabar Linear dan Matriks pada Jurusan Teknik Elektro yang valid, prakis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah System Depelopment Life Cycle (SDLC). Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu (1) studi kelayakan, (2) pengumpulan data, (3) perencanaan sistem, (4) analisis sistem, (5) perancangan sistem, (6) implementasi sistem, (7) uji coba sistem, dan (8) penggunaan sistem. Uji coba dilakukan pada empat orang mahasiswa STMIK Handayani Makassar yang bertujuan untuk menguji sistem e-learning. Hasil yang diperoleh pada tahap uji coba adalah pada sistem e-learning tidak ditemukan kekurangan sehingga sistem e-learning tidak perlu direvisi kembali dan layak digunakan pada uji coba kelas besar yaitu pada tahap penggunaan sistem. Penggunaan sistem dilakukan pada mahasiswa kelas A Jurusan Teknik Informatika STMIK Handayani Makassar. Hasil yang diperoleh pada tahap penggunaan sistem menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learningpada mata kuliah Aljabar Linear dan Matriks sudah tergolong valid, praktis dan efektif sehingga e-learning dapat digunakan sebagai media pembelajaran dosen di STMIK Handayani Makassar. ABSTRACT NOVITA DWI MAHARANI SABBAN. Development Of E-Learning In the Learning Matrix at STMIK Handayani Makassar Informatics Engineering Student (supervised by H. Djadir and Asdar) This research is a development, which aims to develop media e-learning using Moodle LSM software version 2.4.3 on STMIK Handy Makassar, particularly in courses on linear algebra and matrix Department of Electrical Engineering which is valid, practice and effective. The method used is adalah System Development Life Cycle (SDLC). Stages are carried out in this study: (1) feasibility study, (2) data collection, (3) planning system, (4) systems analysis, (5) system design, (6) implementation of the system, (7) test system, and (8) the use of the system. The test is done in four students STMIK Handayani Makassar aimed to test the e-learning system. The results obtained in the test phase is the e-learning system is not found so the lack of e-learning systems do not need to be revised again and fit for use at trial of the class that is at the stage of system usage. Use of the system is done on the students of TI-A class in Department of Information STMIK Handayani Makassar. The results obtained at this stage of the system shows that the use of instructional media e-learning course on Linear Algebra and Matrix are quite valid, practice and effective so that e-learning can be used as a learning medium of STMIK Handayani lecturer in Makassar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 03:09 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1144 |
Actions (login required)
View Item |