Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Makassar

RAHMINATI, DESSIAMING (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RAHMINATI DESSIAMING..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK RAHMINATI DESSIAMING. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Makassar ( Dibimbing oleh Ilham Minggi dan Usman Mulbar) Dalam paradigma baru pendidikan menghendaki adanya perubahan dalam proses kegiatan belajar mengajar beserta proses penilaiannya. Penekanan dilakukan pada aspek pengembangan kompetensi setiap individu siswa. Dalam hal ini, siswa dituntut terlibat langsung dalam proses belajar. Dari hasil observasi yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri I Makassar, ada beberapa permasalahan yang sering muncul di kelas yaitu kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran dan siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi segiempat. Sehingga, pencapaian nilai hasil belajar siswa berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang dilakukan pada kelas VII-9 SMP Negeri I Makassar tahun pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Makassar sebanyak 360 orang siswa dan sampel penelitian sebanyak 40 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah (1) Lembar Observasi Keterlaksanaan Sintaks, Sistem Sosial, Prinsip Reaksi (2) Lembar Angket Respon Siswa dan Angket Keterampilan Sosial, dan (3) Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII-9 SMP Negeri I Makassar ditinjau dari keterlaksanaan sintaks, sistem sosial, dan prinsip reaksi berada pada kategori baik, keterampilan sosial siswa berada pada kategori tinggi, respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan matematika realistik adalah positif, peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan matematika realistik yaitu sebesar 0,67 dan berada pada kategori sedang. Sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan matematika realistik efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan mengembangkan keterampilan sosial siswa kelas VII-9 SMP Negeri I Makassar ditinjau dari keterlaksanaan sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, dan respon siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:08
Last Modified: 26 Oct 2016 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item