HARLINA HARUNA, NANA (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pelatihan Strategi Kognitif dalam Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas X AP1 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Nana Harlina Haruna.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK NANA HARLINA HARUNA. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pelatihan Strategi Kognitif dalam Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas X AP1 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Makassar. (Dibimbing oleh Komisi Penasehat Nurdin Arsyad dan Usman Mulbar). Kenyataan yang ada di SMK Negeri 7 Makassar, berdasarkan pengamatan penulis pada sekolah tersebut diperoleh bahwa, dari ketiga aspek penilaian untuk mata pelajaran matematika, yakni: (1) pemahaman konsep; (2) penalaran dan komunikasi; serta (3) pemecahan masalah siswa pada umumnya rendah dan berdampak pada rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Sistem pembelajaran juga pada umumnya masih berpusat pada guru yang menyebabkan kurangnya aktivitas siswa dalam belajar matematika, siswa hanya mengharapkan informasi dari guru. Oleh karenanya, salah satu yang dapat dilakukan adalah menerapkan pelatihan strategi kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah. Siswa menggunakan strategi kognitif ketika ia mengikuti berbagai uraian dari apa yang sedang dibaca atau apa yang sedang dipelajari. Siswa menggunakan beberapa strategi kognitif dalam memikirkan apa yang telah ia pelajari dan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) Bagaimana gambaran proses pelaksanaan pelatihan strategi kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X AP1 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Makassar. (ii) Apakah penerapan pelatihan strategi kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas X AP1 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pelaksanaan proses pembelajaran matematika pada awal pelaksanaan tindakan, siswa belum maksimal menerapkan pelatihan strategi kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah, hal tersebut dilihat dari aktivitas siswa di kelas. Pertemuan ketiga siklus I sampai pada akhir siklus II, pelatihan strategi kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah telah dilaksanakan dengan baik. (ii) Penerapan pelatihan strategi kognitif dalam pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal tersebut ditunjukkan pada: (a) Tercapainya hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran melalui pelatihan strategi kognitif dalam pemebalajaran berbasis jumlah siswa yang mencapai KKM (N≥70) meningkat dari 6 siswa (18,75 %) menjadi 32 siswa (100%). Hal ini berarti bahwa, pembelajaran melalui pelatihan strategi kognitif dalam pemebalajaran berbasis, dapat meningkatkan pengusaan matematika bagi siswa. (b) Peningkatan aktivitas siswa sehingga berada pada kategori sangat aktif; (c) Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat terlaksana; (d) Respons siswa terhadap pelatihan strategi kognitif menyatakan respons positif. ABSTRACT NANA HARLINA HARUNA. 2013. The Improvement on Problem Solving Ability through Cognitive Srtrategy Practice in Problem-based Learning of Grade X AP1 Students of Administrative Offices Departement at SMKN 7 in Makassar (supervised by Nurdin Arsyad and Usman Mulbar). The study is a classroom action research which aims at discovering (i) the description on the implementation process of cognitive strategy practice in problem-based learning of grade X AP1 students of Administrative Offices Departement at SMKN 7 in Makassar, (ii) whether the implementation of cognitive strategy practices in problem-based learning can improve problem solving ability in Mathematics of grade X AP1 students of Administrative Offices Departement at SMKN 7 Makassar. The result of the study reveal that (i) the implementation of learning process of Mathematics at pre-action, the students have not maximally implemented cognitive strategy practice in problem-based learning proved by students’ activities in class. On the third session of cycle I to cycle II, the cognitive strategy practice in problem-based learning was conducted well; (ii) the implememtation of cognitive strategy practice in problem-based learning can improve problem solving ability of students proved by a) learning outcomes of students after conducting cognitive strategy practice ini problem-based learning have achieved KKM (N ≥ 70) improved from 6 students (18,75%) to 32 students (100%), meaning that the learning can improve students’ mastery in mathematics, b) the improvement of students’ activities is in extremely active category, c) the implementation of learning is in extremely implemented category, and d) students’ response on cognitive strategy practice indicates positive response.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 03:08 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1134 |
Actions (login required)
View Item |