Kristiawati, Kristiawati (2013) Pengaruh konsep diri matematika, kecemasan belajar matematika, iklim keluarga, dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri di Sungguminasa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Kristiawati.docx Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Kristiawati, 2013. Pengaruh konsep diri matematika, kecemasan belajar matematika, iklim keluarga, dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri di Sungguminasa (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Suwardi Annas). Kemampuan belajar siswa sangat menentukan keberhasilan dalam proses belajar. Di dalam proses belajar, banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah konsep diri, kecemasan belajar siswa, iklim keluarga dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kecerdasan emosional, (2) Mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh kecemasan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kecerdasan emosional, (3) Mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh iklim keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kecerdasan emosional. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri di Sungguminasa tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian 284 siswa yang diambil dengan menggunakan Equel size cluster random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari konsep diri matematika, kecemasan belajar matematika, iklim keluarga, kecerdasan emosional, dan tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analysis jalur (path anlysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Diri (X1) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika (Y) baik secara langsung sebesar 0,266 maupun tidak langsung melalui Kecerdasan Emosional (X4) sebesar 0,164. Kecemasan Belajar Matematika (X2) berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar matematika (Y) baik secara langsung sebesar -0,163 maupun tidak langsung melalui kecerdasan emosional (X4) sebesar -0,051. Iklim Keluarga (X3) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika (Y) secara langsung sebesar 0,143 dan secara tidak langsung melalui kecerdasan emosional (X4) sebesar 0,27.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 01:13 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 01:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1127 |
Actions (login required)
View Item |