PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 16 MAKASSAR

Jasman, Jasriah and Ali, Muhammad Sidin and Arsyad, Muhammad (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 16 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKELQ JASRIAH.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar fisika pada SMA Negeri 16 Makassar dalam ranah pengetahuan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen yang menggunakan model research and development (R&D).Instrumen dikembangkan pada semester genap. Hasil penelitian menunjukan bahwa (i) Hasil pengembangan instrumen hasil belajar fisika pada peserta didik semester IV kelas XI SMA Negeri 16 Makassar ditinjau secara teoretik pada ranah pengetahuan diperoleh Validasi muka ada 50 butir instrumen yang telah memenuhi syarat sebagai instrumen hasil belajar fisika, Analisis butir secara kualitatif ada 50 soal yang telah memenuhi syarat sebagai instrumen hasil belajar fisika, dan melalui pendapat pakar diperoleh 50 butir instrumen dengan konsistensi internal 0,84; (ii) Hasil pengembangan instrumen hasil belajar fisika pada peserta didik semester IV kelas XI SMA Negeri 16 Makassar ditinjau secara empirik pada ranah pengetahuan menghasilkan sebagai berikut; ujicoba pertama ada 50 item soal dengan tingkat kesukaran butir soal berada pada kategori sukar, daya beda soal berada pada kategori jelek, setiap option jawaban cukup efektif, dan reliabilitas soal 0,40, ujicoba kedua ada 28 item soal dengan tingkat kesukaran butir soal berada pada kategori sedang, daya beda soal berada pada kategori cukup, setiap option jawaban cukup efektif, dan reliabilitas soal 0,76, ujicoba skala besar ada 25 item soal dengan tingkat kesukaran butir soal berada pada kategori sedang, daya beda soal berada pada kategori sangat baik, setiap option jawaban cukup efektif, dan reliabilitas soal 0,84, Sehingga secara empirik instrumen hasil belajar fisika dapat dikatakan memenuhi aspek validitas dan reliabilitas yang baik dan layak untuk digunakan sebagai instrumen penilaian hasil belajar fisika yang baku. Kata Kunci:.Pengembangan instrumen Penilaian, Hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2018 06:15
Last Modified: 25 Oct 2018 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item