PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN IIS SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Annisa, Sartika Nurul (2018) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN IIS SMA NEGERI 11 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SARTIKA NURUL ANNISA.docx

Download (28kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ekonomi terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X Jurusan IIS SMA Negeri 11 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto.Metode Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, metode angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis statistik deskriptif, Uji prasyarat analisis, dan analisis statistik Inferensial. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai populasi adalah seluruh peserta didik kelas X Jurusan IIS SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 94 peserta didik. sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yakni sebanyak 94 peserta didik, dengan teknik pengambilan sample adalah Total Sampling. Total sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai thitung variabel X adalah 6,562. Untuk nilai ttabel dengan sampel sebanyak 94 orang dan tingkat signifikansi 0,05 (5%) adalah 1,967, maka thitung> ttabel dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar ekonomi terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X jurusan IIS SMA Negeri 11 Makassar. Keyword : Pemanfaatan Internet, Motivasi Belajar, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Oct 2018 05:27
Last Modified: 24 Oct 2018 05:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item