HASRINI, JUFRI (2013) Pemanfaatan Strategi Konflik Kognitif untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Bangun Ruang pada Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Kamanre. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Hasrini Jufri.docx Download (366kB) |
Abstract
ABSTRAK HASRINI JUFRI. 2013. Pemanfaatan Strategi Konflik Kognitif untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Bangun Ruang pada Siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Kamanre. (Dibimbing oleh. Ruslan dan Awi Dassa). Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bangun ruang dengan pemanfaatan strategi konflik kognitif dalam menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis, (2) untuk mendeskripsi kemampuan berpikir kritis yang telah tumbuh dan berkembang setelah diterapkan konflik kognitif dalam pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas XA SMAN 1 Kamanre. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan materi bangun ruang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA SMA Negeri 1 Kamanre sebanyak 29 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) proses pelaksanaan pembelajaran bangun ruang dengan pemanfaatan strategi konflik kognitif pada siswa kelas XA SMAN 1 Kamanre dilaksanakan sebanyak 2 siklus diperoleh bahwa: (a) Mengkonflikkan pemahaman dan konsep geometri yang dimiliki (konsepsi) dengan informasi lain tentang konsep tersebut berdasar sudut pandang yang berbeda. Disamping itu pemahaman geometri ruang yang dimiliki siswa dipertentangkan antar siswa. Guru berperan membuat schafolding untuk pencapaian situasi konflik yang dimiliki siswa. namun demikian. Pada awal pembelajaran strategi ini tidak berjalan maksimal dengan kondisi perhatian siswa masih kurang. Siswa masih kebingungan mengerjakan LKS dan ragu untuk memperdebatkan pemahaman yang dimilikinya yang berbeda dengan konsepsi lain atau dari siswa lain. Hal ini diatasi oleh guru dari waktu ke waktu dengan cara pemberian schafolding. (b) Pelaksanaan pembelajaran melalui penggunaan strategi konflik kognitif pada materi bangun ruang yang dilakukan oleh guru masih terdapat beberapa kekurangan, maka guru berupaya untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kekurangan-kekurangan tersebut. Hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran bahwa guru mengalami peningkatan kemampuan dalam mengelola pembelajaran. Secara umum hasil analisis penilaian observer terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan strategi konflik kognitif berada pada kategori “sesuai”. (2) penerapan strategi konflik kognitif dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas XA SMAN 1 Kamanre yang dideskripsikan sebagai berikut: (a) hasil tes kemampuan berpikir kritis menunjukkan perkembangan dari tahap pra tindakan, siklus I, sampai siklus II; (b) respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan guru melalui pemanfaatan strategi konflik kognitif pada materi bangun ruang menunjukkan bahwa 94,02% merespons positif dari semua item respons yang ditanyakan. ABSTRACT HASRINI JUFRI. 2013. The Utilization of Cognitive Conflict Strategies to Develop Critical Thinking Ability in Space Figure Learning of Grade XA Students SMAN 1 Kamanre. (Supervised by Ruslan and Awi Dassa). This study aimed at: (1) describing the process of space figure learning by utilizing cognitive conflict strategies to develop critical thinking ability, (2) describing the development of critical thinking ability after implementing cognitive conflict strategy in space figure learning of grade XA students at SMAN 1 Kamanre. The study was a classroom action research in two cycles. The subjects of the study were 29 grade XA students at SMA Negeri 1 Kamanre The results of the study revealed that (1) the process of space figure learning by utilizing cognitive conflict strategy of grade XA SMAN 1 Kamanre was conducted in two andindicated that: (a) By conflicting the own comprehension and concept of geometry (conception) with another information about the concept based on a contrastive point of view. Besides, the students' comprehension about geometry of space is controverted each other. the teachers contribute to the achievement of created conflict situations that the students. However, at the beginning of learning this strategy does not run with the maximum attention to the condition of the students are still lacking. Students work on LKS and confusion still hesitate to debating that owned a different understanding with the other conception or from other students. This is addressed by teachers from time to time by way of schafolding. (b) the implementation of learning through the utilization of cognitive conflict strategy on the space figure subject material given by the teacher has several weakneses and teacher made improvement based on those weaknesses. However, the observation result of the teacher’s classroom management through cognitive conflict strategy showed that the teachers has skill improvement in managing the learning. In general, the results of analysis of observer’s evaluation toward teacher’s ability in managing the learning was in appropriate’s category. (2) the development of critical thinking ability after implementing cognitive conflict strategy in space figure learning of grade XA student at SMAN 1 Kamanre described as follows: (a) the test result of critical thinking ability indicated a development from pre-action stage, cycle I to cycle II; (b) the students' responses toward learning activity concuted by the teacher through the utilization of cognitive conflict strategy on the space figure subject material showed 94.02% gave positive response from all of the items in question.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 01:02 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 01:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1120 |
Actions (login required)
View Item |