PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS NILAI IMAN DAN TAQWA PADA SISWA MA KELAS XI

Ridwan, Ridwan and Adnan, Adnan and Bahri, Arsad (2018) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS NILAI IMAN DAN TAQWA PADA SISWA MA KELAS XI. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artkel Ridwan (161051301040).pdf

Download (120kB) | Preview

Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Nilai Iman dan Taqwa Pada Siswa MA Kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D)yang bertujuan untuk mengembangkan e-modul Biologi berbasis nilai iman dan taqwa pada siswa MA kelas XIyang bersifat valid, praktis dan efektif. Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) analisis (Analyze); (2) perancangan (Desaign); (3) pengembangan (Development); (4) implementasi (Implementation); dan (5) evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian terdiri atas tiga yaitu (1) instrumen kevalidan berupa instrumen penilaian kevalidan modul dan instrumen penilaian kevalidan angket, (2) instrumen kepraktisan berupa angket respon guru dan respon siswa terhadap modul, (3) instrumen keefektifan berupa angket afektif siswa dan tes evaluasi hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata kevalidan modul oleh dua validator ahli yaitu 4.2 Kepraktisan modul diperoleh dari respon guru sebesar 92.5% (sangat kuat) dan respon siswa sebesar 100% berada pada kategori sangat kuat. Keefektifan modul diperoleh dari data afektif siswa sebesar 53.33% yang berada pada kategori sangat kuat dan 43.33% berada pada kategori kuat serta rata-rata nilai N-Gain siswa sebesar 0.70 (Tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul Biologi berbasis nilai iman dan taqwa yang dikembangkan bersifat valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: penelitian & pengembangan, e-modul, imtaq

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Oct 2018 01:39
Last Modified: 23 Oct 2018 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11193

Actions (login required)

View Item View Item