S, Sumiati and Upu, Hamzah and Darwis, Muhammad (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW-TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 5 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
ARTIKEL SUMI.pdf Download (370kB) | Preview |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw-Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Matematika materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Binamu. Deskripsi keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1)hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Binamu dan sampel adalah siswa kelas VII.1sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw-Teams Games Tournament (TGT) yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat pembelajaran. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar, lembar observasi dan angket respon siswa. Data aktivitas siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data Hasil belajar matematika dan respon siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw-Teams Games Tournament (TGT) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi Perbandingan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Binamu ditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor hasil belajar matematika pada posttest lebih besar dari 75 (KKM=75) yaitu sebesar 79,9 berada pada kategori Tinggi, rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0.30 (kategori sedang) yaitu sebesar 0,73 berada pada klasifikasi Tinggi dan Proporsi ketuntasan belajar siswa lebih dari 85% (b) rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari pertemuan pertama sampai kelima lebih dari 2,50(kategori minimal cukup aktif) yaitu sebesar 3,15 berada pada kategori cukup aktif dan (c) rata-rata skor respons siswa lebih besar dari 2,50 (kategori minimal cenderung positif) yaitu sebesar 3,64 berada pada kategori positif. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw-Teams Games Tournament (TGT) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi Perbandingan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Binamu Kabupaten Jeneponto.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 05:55 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 05:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11131 |
Actions (login required)
View Item |