Pancayana, Tri (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING PADA KOMPETENSI MENGOPERASIKAN PERALATAN SURVAI DAN PEMETAAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
4 Jurnal Tri Pancayana 161052006001.docx Download (823kB) |
Abstract
ABSTRAK Mobile learning merupakan salah satu alternatif pengembangan media pembelajaran. Penggunaan multimedia interaktif selain sederhana dan praktis, peserta didik juga dapat memperdalam pengetahuannya dimana saja dan kapan saja sebelum melaksanakan kegiatan praktikum yang sesungguhnya serta membuat peserta didik lebih mudah dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengambil model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan mengkombinasikan beberapa software, secara umum hasil dari proses pengembangan ini menghasilkan file yang dapat dijalankan pada perangkat PC, laptop dan smartphone; (ii) media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan telah melalui proses validasi oleh ahli materi dan ahli media; (iii) implementasi media pembelajaran dilaksanakan di SMK Negeri 3 Makassar pada kelas X program keahlian teknik konstruksi dan properti, respon guru dan peserta didik adalah media pembelajaran yang dikembangkan ini praktis, baik, memberi manfaat dalam proses belajar peserta didik, membantu proses pembelajaran dan media pembelajaran ini mudah digunakan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mobile Learning, Praktis, Teknik pengukuran tanah, Validitas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2 PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2 PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2 |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 02:04 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 02:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11112 |
Actions (login required)
View Item |