Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII

Amaliah, Ridha (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel Ridha.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan PMRI terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII dan dipilih secara cluster random sampling yaitu kelas VIII-A dan VIII-B. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar (pretest dan posttest), dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif, yaitu: (1) Aktivitas dan hasil belajar matematika siwa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan PMRI masing-masing pada kategori sangat aktif dan rendah, (2) Aktivitas dan hasil belajar matematika siwa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik masing-masing pada kategori sangat aktif dan rendah. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh bahwa: Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan PMRI lebih baik dari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan PMRI terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TSTS, Model Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan PMRI, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:20
Last Modified: 01 Oct 2018 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11017

Actions (login required)

View Item View Item