Amaliah, Ridha (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
|
Text
Artikel Ridha.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan PMRI terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII dan dipilih secara cluster random sampling yaitu kelas VIII-A dan VIII-B. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar (pretest dan posttest), dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif, yaitu: (1) Aktivitas dan hasil belajar matematika siwa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan PMRI masing-masing pada kategori sangat aktif dan rendah, (2) Aktivitas dan hasil belajar matematika siwa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik masing-masing pada kategori sangat aktif dan rendah. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh bahwa: Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan PMRI lebih baik dari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan PMRI terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TSTS, Model Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan PMRI, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > Matematika |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 07:20 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 07:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11017 |
Actions (login required)
View Item |