Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kepercayaan Diri Siswa yang Mengikuti Organisasi Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA Negeri 1 Segeri

Lidyasari, Lidyasari (2018) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kepercayaan Diri Siswa yang Mengikuti Organisasi Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA Negeri 1 Segeri. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto bertujuan untuk mengetahui pengaruh berpikir kreatif dan kepercayaan diri siswa yang mengikuti organisasi sekolah terhadap hasil belajar matematika materi peluang pada siswa SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Segeri pada tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sample menggunakan teknik simple random sampling. Kemudian didapat 2 kelas sebagai sampel yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 3. Penelitian ini hanya meneliti siswa yang mengikuti organisasi sekolah dengan jumlah siswa yang mengikuti organisasi sekolah dari 2 kelas yaitu 43 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu tes kemampuan berpikir kreatif, angket percaya diri dan tes hasil belajar matematika. Data yang diolah menggunakan SPSS. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Segeri yang mengikuti organisasi sekolah berada pada kategori sedang, kemampuan berpikir kreatif berada pada kategori baik dan sangat baik sedangkan untuk percaya diri siswa dikategorikan sedang. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Segeri. Kata Kunci:Kemampuan berpikir kreatif, kepercayaan diri, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Oct 2018 02:17
Last Modified: 01 Oct 2018 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item