Pengaruh Waktu, Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT-UNM Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Ridwan, Rasmawati (2018) Pengaruh Waktu, Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT-UNM Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL RASMAWATI RIDWAN.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL RASMAWATI RIDWAN.pdf

Download (399kB) | Preview

ABSTRAK Rasmawati Ridwan, Pengaruh Waktu, Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT-UNM Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2018, Muhammad Ardi dan Rahmansah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan PTSP FT-UNM; (2) Waktu Belajar (X1), Minat Belajar (X2), Motivasi Belajar (X3) mahasiswa pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan PTSP FT-UNM; (3) Pengaruh Waktu Belajar (X1), Minat Belajar (X2), Motivasi Belajar (X3) secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan PTSP FT-UNM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dengan jumlah populasi 83 orang dan jumlah sampel sebanyak 75 orang mahasiswa Jurusan PTSP FT-UNM dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling jenis Cluster random sampling dengan pendekatan Slovin. Data penelitian diperoleh dengan teknik angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, dan analisis inferensial yaitu: regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Prestasi belajar (Y) mahasiswa pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan PTSP FT-UNM berada pada kategori baik; (2) Waktu Belajar (X1) berada pada kategori rendah, Minat Belajar (X2) berada pada kategori tinggi, dan Motivasi Belajar (X3) berada pada kategori sangat tinggi pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan PTSP FT-UNM; (3) Secara sendiri-sendiri Waktu Belajar (X1), Minat Belajar (X2), dan Motivasi Belajar (X3) berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y) pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan PTSP FT-UNM hanya saja pengaruh dan kontribusi yang diberikan masih kecil dan Terdapat pengaruh Waktu Belajar (X1), Minat Belajar (X2), Motivasi Belajar (X3) berpengaruh secara bersama-sama dan yang hanya Waktu Belajar (X1) yang berpengaruh singnifikan terhadap Prestasi Belajar (Y) pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I Jurusan PTSP FT-UNM hanya saja pengaruh dan kontribusi yang diberikan masih kecil. Kata Kunci: Prestasi belajar, Waktu, Minat, Motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:08
Last Modified: 12 Sep 2018 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10770

Actions (login required)

View Item View Item