PENGARUH PERSEPSI TENTANG KOMPETENSI GURU BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR

Suaib, Suaib (2018) PENGARUH PERSEPSI TENTANG KOMPETENSI GURU BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui persepsi tentang kompetensi pedagogik guru Biologi terhadap motivasi belajar siswa (ii) mengetahui persepsi tentang kompetensi pedagogik guru Biologi terhadap hasil belajar siswa (iii) mengetahui motivasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian Ex-post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel kelas XI IPA semester genap SMA Negeri di Kota Makassar tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel sekolah dan rombel dilakukan dengan metode random. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru Biologi dan angket motivasi belajar serta dokumentasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kompetensi pedagogik berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai R = 47,8%, R 2 = 22,8%, p<0.05; (ii) kompetensi pedagogik berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai R = 48,2%, R 2 = 23,3%, p < 0.05; (iii) motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai R = ,4%, R 2 = 16,3%, p < 0.05. Kata kunci: Persepsi siswa, Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Sep 2018 06:24
Last Modified: 07 Sep 2018 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

View Item View Item