Pengaruh Keterampilan Mengajar Dosen dan Fasilitas BelajarTerhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar

RESKI, ANDI (2018) Pengaruh Keterampilan Mengajar Dosen dan Fasilitas BelajarTerhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

. 2018. (dibimbing oleh). Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh: (1) keterampilan mengajar dosen terhadap hasil belajar fisika mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIPUNSIMUH Makassar; (2) fasilitas belajar terhadap hasil belajar fisika mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIPUNISMUH Makassar; (3) keterampilan mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIPUNISMUH Makassar; (4) fasilitas belajarterhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIPUNISMUH Makassar; dan (5) motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIPUNISMUH Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2015 dan angkatan 2016Program Studi Pendidikan Fisika FKIPUNISMUH Makassar dengan jumlah 224 orang. Adapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Slovin dengan jumlah mahasiswa sebanyak 145 orang.Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar fisika yang telah diuji coba empirik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS). Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial analisis faktor dan verifikasi model struktural AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model persamaan struktural yang menggambarkan pengaruh keterampilan mengajar dosen, fasilitas belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar fisika dapat diterima. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Keterampilan mengajar dosen memiliki pengaruh langsung positif terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNISMUH Makassar; (2) Fasilitas belajarmemiliki pengaruh langsung positif terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNISMUH Makassar; (3) Keterampilan mengajar dosen tidakmemiliki pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNISMUH Makassar; (4) Fasilitas belajartidak memiliki pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNISMUH Makassar; dan (5) Motivasi belajar memiliki pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNISMUH Makassar. Kata kunci: Expost-facto, Keterampilan Mengajar Dosen, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:59
Last Modified: 29 Aug 2018 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10554

Actions (login required)

View Item View Item