PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ORIENTASI DAN MOBILITAS DASAR ANAK TUNANETRA USIA DINI DI SLB PEMBINA TINGKAT PROPINSI SULAWESI SELATAN, DI MAKASSAR

Parwoto, Parwoto (2010) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ORIENTASI DAN MOBILITAS DASAR ANAK TUNANETRA USIA DINI DI SLB PEMBINA TINGKAT PROPINSI SULAWESI SELATAN, DI MAKASSAR. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian)
PENELITIAN 6.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Laporan Penelitian)
PEER REVIEWER LEMLIT PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ORIENTASI.pdf

Download (956kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Seorang anak tunanetra usia dini memiliki akses yang sangat terbatas untuk belajar keterampilan orientasi dan mobilitas. Ini merendahkan motivasi anak untuk berekplorasi, menginisiasi interaksi, atau berpartisipasi dalam aktivitas. Sebagai hasilnya, anak menjadi tergantung pada orang lain dan pasif atau mengikat dirinya dalam aktivitas yang kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran : (1) strategi pengembangan keterampilan orientasi tunanetra usia dini; (2) strategi pengembangan konsep dan kemandirian, citra tubuh, dan koordinasi motorik; (3) strategi pengembangan keterampilan mobilitas tunanetra usia dini di SLB Negeri Pembina Parangtambung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, untuk memperoleh gambaran masalah berkaitan dengan pengembangan keterampilan orientasi dan mobilitas tunanetra usia dini pada kelas persiapan di SLB Negeri Pembina Parangtambung. Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai selaku instrument utama. Dallam penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah guru khusus, guru kelas, dan dua anak tunanetra pada kelas persiapan serta kedua orangtuanya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berjalan bersamaan dengan analisis data dengan menggunakan analisis interaksi (Miles & Huberman, 1992).

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 31 Aug 2018 07:41
Last Modified: 15 Nov 2019 03:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10510

Actions (login required)

View Item View Item