Penerapan Strategi Menulis Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Kelas VI SD Negeri 3 Massepe Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenrang Rappang

lannang, Lannang (2014) Penerapan Strategi Menulis Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Kelas VI SD Negeri 3 Massepe Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenrang Rappang. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
LAnnang.docx

Download (17kB)

ABSTRAK Lannang 2014. Penerapan Strategi Menulis Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Kelas VI SD Negeri 3 Massepe Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenrang Rappang. (Dibimbing oleh Achmad Tolla selaku pembimbing satu dan Ramly sebagai pembimbing kedua) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi menulis terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis surat resmi murid kelas VI SD Negeri 3 Massepe Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam tiga kali tindakan. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan tes. Data kualitatif berupa data kualitatif hasil refleksi dan data hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam penerapan strategi menulis terbimbing dapat mengikuti kerangka perencanaan pembelajaran pada umumnya sementara pelaksanaan pembelajaran dengan strategi ini terbukti dapat meningkatkan keaktifan murid dalam mengikuti proses belajar. Selanjutnya, hasil yang diperoleh murid setelah dilakukan penerapan startegi menulis terbimbing pada siklus I belum tuntas, sehingga dipandang perlu dilaksanakan tindakan selanjutnya yakni siklus II. Selanjutnya pada siklus II keterampilan anak dalam menulis surat resmi meningkat secara signifikan yaitu sebanyak 18 murid (100%) yang mampu mendapatkan nilai 70 ke atas. Hal ini berarti bahwa pembelajaran menulis surat resmi siklus II dinyatakan tuntas karena 100% yang mendapat nilai 70 ke atas dan mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu 75%. Jadi keterampilan menulis surat resmi murid kelas VI SD Negeri 3 Massepe, Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang dinyatakan tuntas. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan menulis surat resmi dengan pembelajaran yang menerapkan strategi menulis terbimbing. Disarankan agar guru-guru sering menerapkan strategi menulis terbimbing dalam upaya meningkatkan hasil belajar murid khususnya kemampuan menulis. ABSTRACT LANNANG. 2014. The Implementation of Guided Writing Strategy to Improve Formal Letter Writing Skill of Class VI Students at SDN 3 Massepe in Tellu Limpoe Sub district of Sidenreng Rappang District (supervised by Achmad Tolla and Ramly). The study aims at discovering the implementation of guided writing strategy to improve formal letter writing skill of class VI students at SDN 3 Massepe in Tellu Limpoe sub district of Sidenreng Rappang district. The study employed a classroom action research with two cycles and aech cycle was conducted three times. The instruments used were guided observation and the result of test. The result of the study revealed that the planning in implementing guided writing strategy can be included in the planning framework and implementation of learning by applying the strategy proved able to improve students to be active in teaching and learning process. The results of the students after implementing guided writing strategy in cycle I was not completed yet so further action needed to be conducted in cycle II, students’ skills in writing formal letter improved significantly with 18 students (100%) able to obtain the score above 70, meaning that formal letter writing skills in cycle II was confirmed as complete because 100% of students obtained the score above 70 and achieved the set criteria, 75%. Thus, formal letter writing skills of class VI students at SDN 3 Massepe in Tellu Limpoe sub district in Sidenreng Rappang district was confirmed as complete. The result indicates that there is improvement of formal letter writing skills by implementing guided writing strategy. Therefore, teachers should implement guided writing strategy in improving learning outcomes, particularly writing skills.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2016 01:19
Last Modified: 10 Oct 2016 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item