Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Respirasi di SMA Negeri 1 Kotamobagu.

DAENG, MUCHTAR (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Respirasi di SMA Negeri 1 Kotamobagu. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Document1.pdf

Download (63kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based learning (PBL) berbasis Hypnoteaching pada materi respirasi di SMA Negeri 1 Kotamobagu. (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa Problem Based learning (PBL) berbasis Hypnoteaching pada materi respirasi di SMA Negeri 1 Kotamobagu. (3) Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa pada materi respirasi di SMA Negeri 1 Kotamobagu. (4) Mendeskripsikan dan menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa pada materi respirasi di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi-experiment (eksperimen semu) yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi respirasi mata pelajaran biologi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Hypnoteaching. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kotamobagu yang tediri dari 4 kelas. Pengambilan sampel penelitian sebanyak dua kelas melalui teknik cluster random sampling, dengan langkah-langkah (1) Memberikan pre-test pada semua kelas XI MIA (4 kelas) untuk mendapatkan nilai pre-test. (2) Memilih 2 kelas diantara 4 kelas yang ada berdasarkan nilai rata-rata pre-test yang hampir sama. Kelas yang nilai rata-rata pretestnya hampir sama akan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol karena dinilai kemampuannya sama. (3) Menentukan 1 dari 2 kelas yang telah dipilih berdasarkan nilai pre-test, untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen akan dipilih dari nilai rata-rata pre-test terendah diantara 2 kelas tersebut, dan kelas yang satunya akan menjadi kelas kontrol. (4) Semua siswa yang ada pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sampel. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa pada materi respirasi di SMA Negeri 1 Kotamobagu yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Hypnoteaching berada pada kategori sangat tinggi. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi respirasi di SMA Negeri 1 Kotamobagu menunjukkan peningkatan. (3) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi respirasi di SMA Negeri 1 Kotamobagu. (4) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi respirasi di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar, Repirasi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:18
Last Modified: 16 Aug 2018 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

View Item View Item