Efektifitas Media Roda Bangun Datar dengan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat

Audiningrum, Annisa (2018) Efektifitas Media Roda Bangun Datar dengan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Annisa Audiningrum,2018. Efektifitas Media Roda Bangun Datar dengan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian pre experiment yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran segitiga dan sgiempat berbantuan media roda bangun datar melalui model Think Talk Write siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bulukumba. Efektivitas pembelajar an dapat dilihat dari hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respons siswa setelah pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14 Bulukumba dengan unit eksperimen terdiri dari siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bulukumba untuk perlakuan dengan rancangan penelitian yaitu one group pretest posttest design. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 pertemuan yang terdiri dari 1 pertemuan pretest, 1 pertemuan posttest, dan 5 pertemuan pemberian pembelajaran matematika dengan berbantuan Blok aljabar melalui model Think Talk Write. Data tentang aktivitas siswa yang berkaitan dengan keterampilan kooperatif serta aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran diperoleh 1 orang pengamat yaitu guru pamong kelas tersebut. Pengamat aktivitas tersebut menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran, selain itu mengetahui tingkat hasil belajar siswa digunakan posttest. Adapun data respons siswa diberikan dengan menggunakan angket respons siswa yang diberikan pada akhir kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif untuk mendeskripsikan skor hasil belajar siswa, aktivitas siswa, aktivitas guru dalam mengajar dan respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor hasil belajar setelah pelaksanaan pembelajaran segitiga dan segiempat melalui model Think Talk Write terdapat peningkatan yang signifikan dan mencapai ketuntasan individual serta rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan sebesar 83,28. (2) Tingkat ketuntasan klasikal sebesar 94%. (3) Aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik. (4) Aktivitas guru dalam mengelolahpembelajaran segitiga dan segiempat berbantuan media Roda Bangun Datar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bulukumba berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik. (5) Siswa merespons secara po itif terhadap pembelajaran dengan rata-rata 3,58. (6) Terjadi peningkatan secara signifikan hasil belajar siswa setelah pembelajaran berbantuan blok aljabar melalui model Think Talk Write pada materi segitiga dan segiempat. Dari hasil penelitian ini secara umum disimpulkan bahwa pembelajaran segitiga dan segiempat berbantuan media Roda Bangun Datar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bulukumba dikategorikan pembelajaran yang efektif. Kata kunci: Efektivitas, Roda Bangun Datar, dan Think Talk Write

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:25
Last Modified: 15 Aug 2018 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10273

Actions (login required)

View Item View Item