ANALISIS PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN LATAR BELAKANG SEKOLAH PADA MATA KULIAH KEAHLIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Wahyuningsih, Tri (2018) ANALISIS PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN LATAR BELAKANG SEKOLAH PADA MATA KULIAH KEAHLIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, FIS.

[img] Text
JURNAL TRI WAHYUNINGSIH.docx

Download (55kB)

Abstract

Abstrak Analisis Prestasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Latar Belakang Sekolah pada Mata Kuliah Keahlian Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbig Oleh Haedar Akib dan Sirajuddin Saleh.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang Sekolah yaitu SMA dan SMK pada mata kuliah keahlian program studi pendidikan administrasi perkantoran yang diketahui dari nilai transkrip mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan expost fakto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa SI Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar sebanyak 263 dan diambil sampel sebanyak 76 mahasiswa yang meliputi 38 mahasiswa yang berlatar belakang dari SMA dan 38 mahasiswa yang berlatar belakang dari SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prestasi belajar mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar berdasarkan latar belakang sekolah SMK dan SMA pada mata kuliah keahlian perkantoran, secara rata-rata memperoleh prestasi belajar dengan nilai 90.06 (SMK) dan 87.58 (SMA) dengan kategori Pujian Cumlaude, Tidak ada perbedaan secara signifikan antara prestasi belajar mahasiswa yang berasal dari SMK dan SMA, Hal tersebut dibuktikan setelah melakukan uji pengujian hipotesis dengan menggunakan uji analisis varian atau anova yang menunjukkan bahwa harga Fhitung yang diperoleh sebesar 2,896 lebih kecil dari harga Ftabel yang diketahui dk pembilang 1 dan dk penyebut 14 untuk tingkat kesalahan 5% yaitu sebesar 4,6 dan nilai signifikansi Fhitung yang diperoleh dari hasil uji analisis varian atau anova sebesar 0.111 lebih besar dari nilai signifikan 0,05 ( 0,111 > 0,05), maka dari kedua kriteria pengujian hipotesis menggunakan analisis varian atau anova tersebut diperoleh hasil yang sama Ho diterima dan Ha ditolak, maka Tidak ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang sekolah, namun dari pencapaian prestasi belajar berdasarkan uji analisis statistik deskriptif terdapat pencapaian prestasi belajar mahasiswa SMK dan SMA yang berbeda, yaitu: pencapaian prestasi belajar mahasiswa dengan latar belakang SMK dengan nilai mean 90,06 dan mahasiswa dengan latar belakang SMA dengan nilai mean 87,58. Keywords: Prestasi Belajar, Latar Belakang Sekolah Menengah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:47
Last Modified: 14 Aug 2018 07:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10185

Actions (login required)

View Item View Item